DAMPAK PENGGUNAAN TIKTOK BAGI PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK JENJANG SEKOLAH DASAR

Dewi, Salsabila Friestia (2023) DAMPAK PENGGUNAAN TIKTOK BAGI PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK JENJANG SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Salsabila Friestia Dewi 17120170.pdf] Text
Salsabila Friestia Dewi 17120170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SALSABILA FRIESTIA DEWI NPM 17120170. “Dampak Penggunaan TikTok
Bagi Perkembangan Perilaku Anak Jenjang Sekolah Dasar”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing I Dr. Joko Siswanto, S. Pd., M. Pd.
Dosen Pembimbing II Soekamto, S. Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan
teknologi yang berdampak dengan aktivitas peserta didik yang bermain telepon
genggam dan dapat mengakses semua informasi di sosial media.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana dampak penggunaan
TikTok bagi perkembangan perilaku anak jenjang sekolah dasar?”. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak
penggunaan TikTok bagi perkembangan perilaku anak jenjang sekolah dasar
siswa kelas V dan VI SD Negeri 02 Margorejo Pati. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas V dan VI SD Negeri 02 Margorejo Pati tahun ajaran 2022/2023. Dalam
penelitian pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara,
angket, dan dokumentasi
Hasil analisis menunjukkan bahwa TikTok memberikan dampak yang
positif maupun negatif bagi perkembangan perilaku siswa dengan memperhatikan
aspek dan indikator kepentingan yang berlaku. TikTok akan memberikan dampak
positif jika penggunaannya diorganisir dan didampingi orang tua dengan
intensitas yang singkat, sedangkan TikTok akan berdampak negatif jika
penggunaan TikTok tanpa adanya pendampingan dari orang tua dan tanpa adanya
batasan usia dan lama penggunaan untuk anak, sehingga dapat mempengaruhhi
waktu belajar dan bermain dengan lingkungan sekitar.
Saran untuk anak membentuk perilaku yang baik adalah dengan koordinasi
yang cukup antara wali murid dengan wali kelas yang bertanggung jawab di kelas,
supaya antara wali kelas dan wali murid dapat mengetahui perkembangan anak di
berbagai suasana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:16
Last Modified: 19 Jan 2024 03:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item
View Item