ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PADA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN ANGKATAN LOR 03 KABUPATEN PATI

WATI, DEWI WIDYA (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PADA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN ANGKATAN LOR 03 KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEWI WIDYA WATI 19120435.pdf] Text
DEWI WIDYA WATI 19120435.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DEWI WIDYA WATI. NPM 19120435. “Analisis Penggunaan Media Papan
Perkalian Pada Materi Perkalian Kelas II di SDN Angkatan lor 03 Kecamatan
Tambakromo Kabupaten Pati.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Dosen Pembimbing
I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. Dosen Pembimbing II Drs. Kiswoy, MM.2023
Konteks penelitian yang melatar belakangi penelitian ini adalah pada
pembelajaran tematik media sangat penting dalam perangkat pembelajaran guna
mendukung tercapainya suatu materi yang diberikan agar siswa bisa berfikir
konkrit tidak lagi abstrak ketika guru sedang menerangkan materi atau pelajaran
tersebut pada pembelajaran matematika menggunakan media papan perkalian
siswa menjadi paham,dalam hal ini peserta didik bisa berpikir langsung
memechkan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana media
papan perkalian berpengaruh dalam materi perkalian di SDN Angkatan lor 03.
Tujuan diajarkannya matematika pada materi perkalian agar siswa mudah
dalam menyelesaikan persoalan matematika yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari serta diharapkan siswa dapat mengetahui simbol matematika dengan
baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Angkatan lor 03 Kecamatan
Tambakromo Kabupaten Pati. Sasaran penelitian mengenai media papan perkalian
pada
materi
perkalian.
Teknik
pengumpulan
data
yaitu
dengan
observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara
meningkatkan ketekunan,triangulasi dan pengamatan. Sedangkan teknik analisis
data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan perkalian
dapat mendorong siswa untuk mempermudah konsep yang komplek menjadi
sederhana serta menambah daya serap siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam
proses pembelajaran siswa lebih fokus,aktif dan response dan rasa ingin tahu
siswa lebih meningkat. Dapat dijelaskan bahwa media papan perkalian mampu
meningkatkan belajar siswa dengan hasil presentase pada angket mencapai
85,19% dengan jumlah peserta didik 23 anak mencapai kriteria sangat baik,
11,11% dengan jumlah peserta didik 3 anak mencapai kriteria baik dan 3,70%
dengan jumlah peserta didik 1 anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
dalam proses pembelajaran diharapkan guru lebih inovatif menggunakan media
pembelajaran. Karena media pembelajaran sendiri sangat effektif untuk belajar
siswa
menjadikan
tertarik
mengikuti
pembelajaran.
Agar
tercapainya
pembelajaran yang maksimal.
Kata kunci : Penggunaan Media,Media Papan Perkalian,Materi Perkalian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:12
Last Modified: 19 Jan 2024 03:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item
View Item