Nisa, Salma Khoirun (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ECOLA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PESERTA DIDIK KELAS XI MA BUSTANUL ULUM PAGERHARJO PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SALMA KHOIRUN NISA 19410059.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat adanya
pengaruh penggunaan metode ECOLA terhadap kemampuan menulis teks
prosedur peserta didik kelas XI MA Bustanul Ulum Pagerharjo Pati tahun
pelajaran 2022/2023.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif
kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes.
Hasil analisis data disajikan dalam bentuk angka, tabel, diagram, dan deskripsi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ECOLA memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur peserta
didik tahun pelajaran 2022/2023.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung dari hasil
pretest dan posttest sebasar 3,701 dan hasil dari t-tabel pretest dan posttest
sebesar 2,069. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima, karena t-hitung > t-tabel. Jadi berdasarkan perhitungan uji hipotesis di
atas dapat dikatakan bahwa penggunaan metode ECOLA berpengaruh terhadap
kemampuan menulis teks prosedur peserta didik kelas XI MA Bustanul Ulum
Pagerharjo Pati Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : pengaruh, metode, ecola, menulis, prosedur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:11 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1451 |