EFEKTIFITAS BIMBINGAN BELAJAR OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS RENDAH SD NEGERI HARJOWINANGUN KABUPATEN BLORA

Setianingtyas, Rustanti (2023) EFEKTIFITAS BIMBINGAN BELAJAR OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS RENDAH SD NEGERI HARJOWINANGUN KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RUSTANTI SETIANINGTYAS 19120062.pdf] Text
RUSTANTI SETIANINGTYAS 19120062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RUSTANTI SETIANINGTYAS NPM 19120062. “Efektifitas Bimbingan
Belajar oleh Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas
Rendah SD Negeri Harjowinangun Kabupaten Blora”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini dilakukan adalah rendahnya
hasil tes numerasi siswa kelas rendah. Hal tersebut disebabkan karena dampak
dari masa pandemic covid-19 dan masa pra pandemic covid-19 (peralihan) yang
berpengaruh terhadap sektor dalam dunia pendidikan. Sehingga siswa kurang
memahami mata pelajaran yang disampaikan oleh guru terutama kesulitan siswa
dalam numerasi.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas bimbingan
belajar oleh guru dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas rendah
SD Negeri Harjowinangun Kabupaten Blora. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan belajar oleh guru
dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas rendah SD Negeri
Harjowinangun Kabupaten Blora.
Jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan eksperimen dalam bentuk One�Group Pretest-Posttest Desain. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri
Harjowinangun Kabupaten Blora dengan sampel penelitian kelas II dan kelas III.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan
angket.
Hasil analisis yang telah dilakukan berdasarkan hasil angket atau
kuisioner memperoleh presentasi 1,26% perolehan hasil angket kelas II dari 25
pertanyaan dan responden sebanyak 12 siswa. Sedangkan untuk kelas III
perolehan presentasi hasil angket sebanyak 77% dari 25 pertanyan dengan
responden berjumlah 8 siswa. Serta berdasarkan hasil uji t test diperoleh
perhitungan menurut uji Wilcoxon pada kelas II Asym sig 2 failed 0,005 < 0,05
sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Sedangkan kelas III uji Paired Sample T�Test memperoleh nilai sig 0,007 < 0,05, maka Ho ditolak dan Hi diterima.
Berdasarkan dari dua data sampel penelitian yaitu data kelas II dan data kelas III
terdapat retaan nilai sebelum dan sesudah diberikan perlakukan berbeda, sehingga
dapat disimpulkan bimbingan belajar yang dilakukan oleh guru dapat dikatakan
efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
bimbingan belajar oleh guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas rendah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:08
Last Modified: 19 Jan 2024 03:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item
View Item