PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KELAS 5 SD 3 BANDUNGSARI

UTAMI, DEVY RESTU JATI (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KELAS 5 SD 3 BANDUNGSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEVY RESTU JATI UTAMI 16120077.pdf] Text
DEVY RESTU JATI UTAMI 16120077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Devy Restu Jati Utami “Penerapan Model Problem Based Learning Tema
Lingkungan Sahabat Kita Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat
Tinggi Kelas 5 SD 3 Bandungsari”. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI
Semarang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang
cenderung sulit diajak berpikir tingkat tinggi, khususnya siswa Sekolah Dasar. Hal
ini dibuktikan dengan sebagian besar siswa akan menjawab pertanyaan yang
diberikan guru berdasarkan suatu kata dalam bacaan yang dijadikan hafalan.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan pembelajaran
berbasis problem based learning pada pembelajaran tematik tema 8 lingkungan
sahabat kita untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa kelas 5 SD 3
Bandungsari Tahun 2023?. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui
penerapan pembelajaran berbasis problem based learning pada pembelajaran
tematik tema 8 lingkungan sahabat kita untuk meningkatkan berpikir tingkat
tinggi siswa kelas 5 SD 3 Bandungsari Tahun 2023.
Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan pendekatan
eksperimen.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil uji N-gain pada pada kelas
eksperimen rata-rata nilai yang diperoleh siswa setelah mendapatkan perlakuan
ialah 82, dan sebelum mendapatkan perlakuan, rata-rata yang diperoleh siswa
ialah 60. Sedangkan pada kelas kontrol, rata rata nilai yang diperoleh siswa ialah
69, dan hasil posttest rata-rata yang diperoleh siswa ialah 58.
Simpulan pada penelitian ini bahwa model pembelajaran problem based
learning dapat digunakan sebagai alternatif pilihan untuk membuat siswa menjadi
lebih berpikir tingkat tinggi dengan tetap dalam arahan guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:05
Last Modified: 19 Jan 2024 03:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item
View Item