Adawiyah, Roudhotul (2023) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (E-BOOK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI KB ABA 1 MRANGGEN SELAMA BELAJAR DARI RUMAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ROUDHOTUL ADAWIYAH 20156036.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ROUDHOTUL ADAWIYAH. NPM 20156036. “Pemanfaatan media audio
visual ( e-book ) dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di KB
ABA 1 mranggen selama belajar dari rumah tahun pelajaran 2021/2022”
Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I DR. Muniroh
Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen pembimbing II Dwi Prasetyawati, D.H, S.Pd.,
M.Pd.
Yang melatar belakangi dalam mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan bahasa ekspresif pada anak. ini disebabkan kurangnya media yang
menarik dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan
kemampuan berbicara melalui media Audio Visual (E-Book) di KB ABA 1
Mranggen tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini di buat dengan
tujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media
Audio Visual (E-Book) di KB ABA 1 Mranggen Demak.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model
penelitian Kurt Lewin. Adapun Subjek penelitian berjumlah 20 anak yang terdiri
dari 7 laki laki dan 13 perempuan. penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.
Dalam penelitian ini digunakan teknik Pengumpulan data berupa lembar
observasi (Cecklist) dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik
deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak dapat dikatakan berhasil
apabila presentase kemampuan bahasa ekspresif anak mencapai 75 %. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa media Audio Visual (E-Book) dapat
meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada KB ABA 1 Mranggen
Demak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan bahasa
ekspresif anak dari pra tindakan sebesar 20 % pada siklus I meningkat sebesar
45% dan pada siklus 2 meningkat sebesar 80 %.
Kesimpulannya yaitu bahwa media Audio Visual (E-Book) dapat
meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. berdasarkan hasil penelitian ini
saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media Audio
Visual (E-Book) yang lebih beragam dalam kegiatan pembelajaran bahasa yang
dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:56 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1433 |