ANALISIS KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SENYIUR INDAH BANYUMANIK SEMARANG

TIKA, DESY DELA (2023) ANALISIS KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SENYIUR INDAH BANYUMANIK SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DESY DELA TIKA 16150050.pdf] Text
DESY DELA TIKA 16150050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DESY DELA TIKA. NPM 16150050. “Analisis Kreativitas Anak Melalui Finger
Painting Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Senyiur Indah Banyumanik
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini berasal dari permasalahan
yaitu kurangnya ide atau gagasan anak dalam hal kreativitas, anak lebih sering
meniru saat membuat hasil karya dan kurang percaya diri dalam menuangkan
imajinasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Senyiur Indah Banyumanik Semarang.
Penelitian ini terfokus pada analisis kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui
finger painting, sehingga tujuan penelitian untuk mengungkapkan dan
menjelaskan sejauh mana kreativitas pada anak melalui finger painting pada anak
usia 5-6 tahun di TK Senyiur Indah Banyumanik Semarang.
Penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data penelitian ini
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa TK B,
guru dan orang tua siswa TK B di TK Senyiur Indah Banyumanik Semarang.
Hasil penelitian di TK Senyiur Indah Banyumanik Semarang menunjukkan
bahwa kreativitas dapat ditemukan pada anak usia 5-6 tahun melalui finger
painting pada saat anak membuat hasil karya. Kreativitas ini dapat dilihat melalui
aspek kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan afektif. Hal ini dapat dilihat
dari hasil nilai perkembangan tiap masing-masing anak dalam beberapa aspek
kemampuan berpikir kreatif. Sedangkan dalam aspek kemampuan afektif, ada satu
aspek yang menjadi perhatian karena belum ada anak yang memunculkan
kreativitasnya pada aspek tersebut, yaitu rasa tertantang oleh kemajemukan.
Finger Painting dapat membantu anak dalam menuangkan imajinasinya dan
mengembangkan gagasan mereka.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan bagi guru dan orang
tua adalah diharapkan memberikan stimulus pendukung kreativitas pada anak usia
dini, mengingat pentingnya kreativitas dalam perkembangan berpikir anak.
Kata kunci: Kreativitas, Finger Painting, Anak Usia 5-6 Tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:50
Last Modified: 19 Jan 2024 02:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item
View Item