PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA KAOS KAKI UNTUK MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 01 JATINGARANG

Tanama, Rosa (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA KAOS KAKI UNTUK MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 01 JATINGARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rosa Tanama 16120160.pdf] Text
Rosa Tanama 16120160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ROSA TANAMA. NPM. 16120160. “Pengembangan Media Boneka Kaos Kaki
Untuk Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 01 Jatingarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Siswa kelas III SDN 01 Jatingarang Kecamatan Bodeh Kabupaten
Pemalang, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam berkomunikasi dengan
bahasa lisan, sulit mengungkapkan pendapat dengan sederhana, dan kemampuan
kosa kata pun masih terbatas. Penggunaan metode bercerita dengan boneka kaos
kaki sangatlah banyak manfaatnya. Hal ini disebabkan masa siswa-siswa
merupakan masa bermain, seorang guru yang tahu kalau dunia siswa adalah dunia
cerita, maka guru yang profesional akan memasukkan pembelajaran sedikit demi
sedikit melalui bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengembangan dan kualitas pembelajaran berbicara dengan media boneka kaos
kaki untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Jatingarang yang memenuhi kriteria
kualitas baik.
Jenis penelitian ini adalah prosedur penelitian dan pengembangan atau
yang lebih dikenal dengan research and development. Prosedur penelitian
menggunakan R&D dari model ADDIE. Tahap-tahap penelitian meliputi analisis
(analyze), desain (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implemen�tation) dan evaluasi (evaluation).
Hasil penelitan menunjukkan 1) Pengembangan media boneka kaos kaki
untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Jatingarang Semester 2 Tahun Pelajaran
2020/2021 dilakukan dengan analisis, merancang, pengembangan, implementasi
penerapan dan evaluasi; 2) Kualitas pembelajaran berbicara dengan media boneka
kaos kaki untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Jatingarang Semester 2 Tahun
Pelajaran 2020/2021 efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji validasi media
mencapai tingkat 90% dengan kategori “Layak” dan hasil uji validasi materi
mencapai kevalidan sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak Digunakan”.
Dilihat dari hasil tes rata-rata nilai 86,00, sehingga pada media pembelajaran
boneka kaos kaki dalam karakter tanggung jawab tema perkembangan teknologi
sub tema perkembangan teknologi produksi sandang efektif sebagai media
pembelajaran.
Kata kunci: Boneka Kaos Kaki, Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:43
Last Modified: 19 Jan 2024 02:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item
View Item