PENGGUNAAN KATA TUGAS DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 3 PEMALANG

Rizky, Salsabila Setyanuryana (2023) PENGGUNAAN KATA TUGAS DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SALSABILA SETYANURYANA RIZKY 18410032.pdf] Text
SALSABILA SETYANURYANA RIZKY 18410032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat proses pembelajaran terjadi, bisa
saja ada kesalahan penggunaan kata tugas yang diucapkan, tetapi tidak menutup
kemungkinan juga ada kata tugas yang diucapkan dengan benar sesuai dengan
penggunaan kata tugas. Melihat kondisi ini, diperlukan upaya untuk
meminimasilir kesalahan penggunaan kata tugas yang diucapkan dan
memaksimalkan penggunaan kata tugas yang tepat saat diucapkan yaitu dengan
analisis penggunaan kata tugas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan kata
tugas dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MIPA 3 SMA
Negeri 3 Pemalang? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan
kata tugas dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MIPA 3 SMA
Negeri 3 Pemalang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode simak, observasi, teknik catat, dan teknik rekam audio. Metode analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih dengan teknik lesap,
teknik ganti, dan teknik sisip.
Hasil analisis akhir dalam penelitian ini terdapat penggunaan kata tugas
yang sudah tepat penggunaannya yaitu kata tugas preposisi, konjungsi, interjeksi,
artikula, dan partikel penegas. Ditemukan juga penggunaan kata tugas yang tidak
tepat penggunaannya yaitu kata tugas preposisi dan konjungtor.
Saran untuk guru hendaknya lebih memberikan contoh penggunaan kata
tugas yang sesuai saat pembelajaran berlangsung sehingga diharapkan peserta
didik bisa mencontoh apa yang dilakukan guru. Selain itu, peserta didik
hendaknya mendengarkan yang diucapkan guru terutama saat guru menggunakan
kata tugas untuk menjelaskan materi sehingga dapat memahami materi yang
sedang dijelaskan oleh guru.
Kata kunci: penggunaan kata tugas, interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:36
Last Modified: 19 Jan 2024 02:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item
View Item