PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS V SD N KALICARI 01 KOTA SEMARANG

MUIZZ, DENIS ANATANIA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS V SD N KALICARI 01 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DENIS ANATANIA MUIZZ 19120114.pdf] Text
DENIS ANATANIA MUIZZ 19120114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DENIS ANATANIA MUIZZ. NPM 19120114. “Pengaruh Model Problem
Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kubus Dan
Balok Kelas V SD N Kalicari 01 kota Semarang”. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas IImu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan pemecahan masalah materi kubus dan balok kelas V SD N Kalicari
01 Kota Semarang. Hal tersebut disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran
dimana guru masih mengalami kendala dalam penggunaan model pembelajaran,
masih banyaknya siswa yang pasif saat pembelajaran khususnya pada mata
pelajaran matematika, dan belum digunakannya model pembelajaran oleh guru
saat mengajar, yang berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap mata
pelajaran matematika masih rendah dan hasil belajarnya pun kurang maksimal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model
Problem Based Learning terhadap Pemecahan Masalah Matematika Materi Kubus
Dan Balok Kelas V SD N Kalicari 01 Kota Semarang? Tujuan penelitian yang
hendak dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi kubus dan balok kelas
V SD N Kalicari 01 kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kalicari 01 kota Semarang. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 26 dengan teknik sampling jenuh. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pretest yaitu 39,61 dan
rata-rata posttest yaitu 83, 46. Hal hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis
melalui uji paired sampel t-test bahwa nilai Sig. < 0,05 maka diterima dan
ditolak pada taraf signifikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya
ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kemampuan
pemecahan masalah materi kubus dan balok kelas V SD N Kalicari 01 Kota
Semarang.
Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah model
Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran
bagi guru dalam mengajar sehingga pembahaman siswa terhadap pembelajaran
membaik
dan
kemampuan
pemecahan
masalah
meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:31
Last Modified: 19 Jan 2024 02:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item
View Item