PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI SIDOLUHUR 01

RAMADHANI, RUSTANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI SIDOLUHUR 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RUSTANTI RAMADHANI 19120203.pdf] Text
RUSTANTI RAMADHANI 19120203.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa,
kurangnya hasil belajar pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1, guru tidak
menggunakan model pembelajaran, serta tidak adanya penggunaan media
pembelajaran menggunakan teknologi. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM
berbantu video pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar tema 6 subtema 2
pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Sidoluhur 01. Maka rumusan masalah pada
penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran STEM berbantu video
pembelajaran Powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar tema 6 subtema 2
pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Sidoluhur 01?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre
Esperimental desaign dengan bentuk One-Grup Pretest dan Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidoluhur
01 tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidoluhur 01 yang berjumlah 12 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes (wawancara dan
dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji
reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji-t, uji ketuntasan
hasil belajar.
Hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan
menggunakan model pembelajaran STEM berbantu video pembelajaran powtoon
diperoleh perhitungan pretest dan posttest terdapat perbedaan. Nilai pretest lebih
kecil dari pada posttest yaitu 52,5 < 82,08. Selisih nilai rata-rata pretest dan
posttest adalah 29,58. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji
t diketahui hasil t hitung = 13,21800 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai t
tabel = 2,179, jadi 13,21800 > 2,179 maka Ha diterima artinya model
pembelajaran STEM berbantu video pembelajaran powtoon dapat berpengaruh
pada hasil belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 di kelas V SD Negeri
Sidoluhur 01. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STEM
berbantu video pembelajaran powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar tema 6
subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Sidoluhur 01.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
hendaknya model pembelajaran STEM berbantu video pembalajaran powtoon
dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa khususnya dalam meningkatkan hasil belajar IPA.
Kata Kunci : Model Pembelajaran STEM, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:24
Last Modified: 19 Jan 2024 02:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item
View Item