PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC ) TEMA 2 KELAS V DI SDN TLOGOWUNGU 02

Ragilena, Rizky Novinda (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC ) TEMA 2 KELAS V DI SDN TLOGOWUNGU 02. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZKY NOVINDA RAGILENA 18120151.pdf] Text
RIZKY NOVINDA RAGILENA 18120151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RIZKY NOVINDA RAGILENA. NPM 18120151. “Pengembangan Bahan Ajar
berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering ,Art , And Mathematic )
Tema 2 Kelas V Di SD Negeri Tlogowungu 02”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.2023.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar
yang digunakan dalam pembelajaran khususnya tema 2 subtema 1 dikelas V dan
penggunaan pendekatan pembelajaran yang sedikit.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan
bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and
Mathematics ) tema 2 kelas IV di Sekolah Dasar? (2) Bagaimana kepraktisan dan
kevalidan bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and
Mathematics ) yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli?. Tujuan yang akan
dicapai pada penelitian ini adalah menghasilakan bahan ajar yang praktis dan
valid yang berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and
Mathematics ) tema 2 kelas IV di SDN Tlogowungu 02.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development), dengan model pengembangan Borg and Gall yang
memiliki 5 tahap yaitu Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan,
Pengembangan produk awal, Uji validitas pakar, dan Uji coba lapangan skala
kecil. Sampel yang diambil adalah 15 siswa dengan menggunakan teknik
sampling Non Probability. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara,
angket, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil produk bahan ajar berbasis
STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and Mathematics ) tema 2 kelas V
SDN Tlogowungu 02 dan pengembangan bahan ajar berbasis STEAM dikatakan
layak, hal ini berdasarkan nilai persentase ahli bahan ajar 95,00%, ahli materi
95,45% dengan kategori “Sangat Layak” dan ahli praktisi guru 100% dengan
kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka pengembangan
bahan ajar berbasis STEAM tema 2 kelas V valid digunakan sebagai bahan ajar
peserta didik. Hasil dari persentase tanggapan guru terhadap bahan ajar sebesar
95% dan tanggapan siswa sebesar 98,3%. Berdasarkan persentase tersebut
diketahui bahwa bahan ajar berbasis STEAM tema 2 kelas V praktis digunakan
siswa kelas V Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and
Mathematics ) dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:20
Last Modified: 19 Jan 2024 02:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item
View Item