PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA ONLINE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Septiananda, Septiananda (2023) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA ONLINE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZKA SEPTIANANDA 16220067.pdf] Text
RIZKA SEPTIANANDA 16220067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rizka Septiananda “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi
Usaha Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang”,
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peluang pemanfaatan Instagram untuk
djadikan sebagai media promosi pemasaran online oleh mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Universitas PGRI Semarang belum dilakukan secara optimal. Padahal
pemanfaatan Instagram sebagai media promosi pemasaran online secara optimal
akan sangat membantu peningkatan penjualan. Rumusan masalah pada penelitian
ini adalah bagaimana mengoptimalisasi pemanfaatan Instagram sebagai media
pemasaran online oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI
Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur.
Instrumen penelitian dalam penelitian ini dengan menggunakan pedoman
wawancara. Teknik pemeriksaan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan Kondensasi data, Penyajian data
dan Conclusion Drawing / Verification.
Hasil penelitian ini adalah penggunaan Instagram yang mudah dan
jangkaun luas terbukti dapat meningkatkan penjualan produk. Banyak fitur dari
Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pemasaran
produk, tetapi belum dimanfaatakn secara optimal. Padahal fitur-fitur yang ada
pada Instagram akan sangat membantu seseorang mengenali produk yang dijual.
Anggapan perbedaan target pasar, besarnya penggunaan kuota internet pada
Instagram dibandingkan dengan media sosial lainnya menyebabkan penggunaan
Instagram sebagi media pemasaran online kurang diprioritaskan. Saran pada
penelitian ini yaitu penggunaan fitur-fitur yang ada pada Instagram harus
dilakukan secara optimal agar penyebaran informasi produk dapat jangkauan yang
luas dan cepat dikenal. Diperlukan kreatifitas untuk berjualan melalui media
sosial agar tidak kalah saing dengan penjual online lainnya.
Kata Kunci : Instagram, Pemasaran, Pemasaran Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:09
Last Modified: 19 Jan 2024 02:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item
View Item