PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK IKAN ASAP DI KECAMATAN PATEBON KENDAL

Trihantoro, Danu (2023) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK IKAN ASAP DI KECAMATAN PATEBON KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Danu Trihantoro 16220077.pdf] Text
Danu Trihantoro 16220077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Danu Trihantoro,16220077. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Produk Ikan Asap Di Kecamatan Patebon Kendal. Penelitian ini
dilatar belakangi oleh hasil observasi awal terhadap rendahnya minat masyarakat
terhadap produk ikan asap di tempat Pidodo Wetan dan Pidodo Kulon Kecamatan
Patebon, Kendal. Rumusan masalah ini adalah : 1) Apakah produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian pada produk ikan asap di Kecamatan Patebon
Kendal, 2) Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk
ikan asap di Kecamatan Patebon Kendal, 3) Apakah tempat berpengaruh terhadap
keputusan pembelian pada produk ikan asap di Kecamatan Patebon Kendal, 4)
Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk ikan
asap di Kecamatan Patebon Kendal, 5) Apakah produk, harga, tempat dan
promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk ikan asap di
Kecamatan Patebon Kendal.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah tak terhingga dan sampel berjumlah 110 masyarakat. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode
pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Analisis
yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menyebar angket
(kuesioner) sebanyak 110 angket secara langsung kepada masyarakat.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) H0 ditolak dan Ha diterima
artinya ada pengaruh yang signifikan produk terhadap keputusan pembelian pada
produk ikan asap di Kecamatan Patebon Kendal, 2) H0 ditolak dan Ha diterima
artinya ada pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian pada
produk ikan asap di Kecamatan Patebon Kendal, 3) H0 ditolak dan Ha diterima
artinya ada pengaruh yang signifikan tempat terhadap keputusan pembelian pada
produk ikan asap di Kecamatan patebon Kendal, 4) H0 ditolak dan Ha diterima
artinya ada pengaruh yang signifikan promosi terhadap keputusan pembelian pada
produk ikan asap di Kecamatan Patebon Kendal, 5) H0 ditolak dan Ha diterima
artinya ada pengaruh yang signifikan produk, harga, tempat dan promosi terhadap
keputusan pembelian pada produk ikan asap di Kecamatan Patebon Kendal.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan produk,
harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian pada produk ikan asap
di Kecamatan Patebon Kendal sebesar 70,3%, sedangkan sisanya 29,7%
dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Saran penelitian ini
adalah produsen produk ikan asap bisa meningkatkan kualitas produk yang baik.
Dengan begitu, dapat memperkuat persepsi konsumen bahwa produk ikan asap
yang dijual memiliki produk yang baik.
Kata Kunci: Marketing Mix, Keputusan Pembelian, Produk Ikan Asap

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:05
Last Modified: 19 Jan 2024 02:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item
View Item