ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 GAYAMSARI KOTA SEMARANG

Wardani, Riza Kusuma (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZA KUSUMA WARDANI 16120090.pdf] Text
RIZA KUSUMA WARDANI 16120090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RIZA KUSUMA WARDANI. NPM 16120090. “Analisis Kesulitan Belajar Operasi
Bilangan Cacah penjumlah kelas III Di SD Negeri 02 Gayamsari Kota Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I M Yusuf Setia Wardana S.Pd. M.
Pd. dan Pembimbing II Ferina Agustina S.Pd. M.Pd. Jenis penelitian adalah kualitatif
dengan desain fenomenologi. Subjek sebagai informan kunci adalah Kepala sekolah, sedangkan
informan pelengkap adalah guru Kelas III dan perwakilan siswa. Teknik pengumpulan data
digunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data digunakan
model interaktif gaya Miles dan Huberman, meliputi: reduksi data, sajian data, dan penarikan
simpulan, serta triangulasi debagai keabsahan.
Konteks penelitian melakukan penelitian mengenai kesulitan belajar operasi hitung
penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas III di SD Negeri 02 Gayamsari Kota
Semarang, melihat masalah ini sangat penting untuk diteliti. Kesulitan belajar operasi
hitung penjumlahan bilangan cacah harus segera diatasi, karena jika kesulitan ini
berlanjut, maka siswa akan mengalami banyak kesulitan pada materi-materi
selanjutnya, dan membuat siswa takut dan tidak suka dengan pelajaran matematika.
Penelitian ini terfokus pada masalah: bagaimana kesulitan belajar operasi
penjumlahan bilangan cacah yang dialami siswa kelas III SD Negeri 02 Gayamsari
Kota Semarang?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
berasal dari kepala sekolah, guru kelas III, siswa yang mengikuti pembelajaran dikelas.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
angket dan dokumentasi.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan Berdasar hasil wawancara
dari Kepala sekolah, Guru dan siswa sebagai informan kunci ditambah dengan hasil
wawancara kepada guru kelas III dan kedua siswa sebagai berwakilan, maka dapat
dilakukan pembahasan seperti berikut ini.
1. Proses pelaksanaan pembelajaran operasi penjumlahan bilangan cacah
Proses pembelajaran selalu berkaitan dengan kompetensi, yaitu kapasitas untuk
melakukan sesuatu yang dihasilkan dari proses pem-belajaran. Selama proses
pembelajaran, stimulus akan bergabung dengan isi memori yang menyebabkan
terjadinya perubahan kapasitas untuk melakukan sesuatu. Dalam proses pembelajaran,
hal yang tidak dapat ditinggalkan darinya adalah berkaitan dengan perencanaan.
Perencanaan adalah tahap awal yang harus dilalui guru pada setiap proses
pembelajaran. Pada tahap ini guru mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan
dengan materi pembelajaran, agar proses pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat
berjalan secara efektif dan efisien, hal ini diharapkan akan memberikan hasil belajar
yang baik dan maksimal, sementara anak didik juga ikut aktif dalam aktivitas belajar.
Simpulan penelitian diperoleh bahwa: 1) proses pembelajaran Matematika Sub Operasi
Penjumlahan Bilangan Cacah telah dilakukan sesuai kompetensi guru,, yaitu guru memberikan
konsep perubahan lebih maju pada siswa dengan penerapan pendekatan, strategi dan model
pembelajaran yang diawali dengan perencanaan matang; 2) hasil belajar siswa mata pelajaran
Matematika Sub Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah telah memenuhi KKM, bahkan ada
sebagian siswa yang hasil belajarnya di atas KKM yang ditetapkan sekolah; 3) kendala yang
dihadapi, karena kurangnya perhatian dan pendampingan belajar dari orang tua; dan 4) upaya
yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dikelompokkan menjadi dua, yaitu: 1) untuk
siswa dilakukan melalui pembelajaran secara berulang-ualng dengan materi yang sama,
memperbanyak latihan, dan kadang ada jam tambahan pada sore hari; dan 2) untuk orang tua,
sekolah memberikan surat kepada orang tua agar melakukan pendamingan ketika anak sedang
belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:00
Last Modified: 19 Jan 2024 02:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item
View Item