Andono, Roma Sukro (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ROMA SUKRO ANDONO 19110134.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepercayaan diri
siswa kelas X SMK Negeri 5 Semarang dilatar belakangi oleh ditemukannya siswa
yang masih memiliki sifat malu-malu sehingga sulit mengungkapkan pendapatnya
ketika ditanya oleh guru pengajar dan belum bisa mengungkapkan perasaan dengan
jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara komunikasi
interpersonal dengan kepercayaan diri siswa kelas X SMK Negeri 5 Semarang.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 133. Kelas
X TKRO 2 dengan jumlah 32 siswa digunakan untuk tryout. Sampel dalam
penelitian ini yaitu 101 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling
jenuh. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala komunikasi
interpersonal dan kepercayaan diri.
Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,317, sedangkan r tabel untuk jumlah sampel 101 adalah 0,195. Oleh
karena itu nilai r hitung ˃ r tabel atau 0,317 ˃ 0,195 maka dapat disimpulkan bahwa
ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kepercayaan
diri siswa kelas X SMK N 5 Semarang.
Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang positif, karena nilai r hitung
yang didapat bernilai positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika
komunikasi interpersonal tinggi maka kepercayaan siswa tinggi dan sebaliknya jika
komunikasi interpersonal rendah maka kepercayaan diri siswa juga rendah.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:00 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1371 |