UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK.B DI TK. KARANGSARI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023

Riyanah, Riyanah (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK.B DI TK. KARANGSARI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIYANAH 20156046.pdf] Text
RIYANAH 20156046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RIYANAH NPM 20156046 “Upaya Meningkatkan Ketrampilan Sosial
Emosional Aanak TK.B TK.KARANGSARI, Kecamatan Semarang Tengah ,
Kota Semarang Tahun pelajaran 2022/ 2023 “Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh Munawar, S.Pi,.M.Pd, .Dosen
Pembimbing II Ibu Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyataan
dilapangan masih rendahnya ketrapilan sosial emosional pada anak. Masalah
dalam penelitian ini tentang upaya meningkatkan ketranpilan sosial emosional
anak TK.B di TK.KARANGSARI Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang ,
tahun pelajaran 2022/2023 . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
ketrampilan sosial emosional melalui permainan tradisionalpada anak TK.B di
TK.KARANGSARI Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun
Pelajaran 2022/ 2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
pengumpulan data berupa perencanaan , pelaksanaan, observasi dan
refleksi.Subjek penelitian ini adalah sebanyak 13 anakTK.B TK.KARANGSARI
Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023 .Dari
hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan
ketrampilan sosial emosional anak pada siklus I perkembangan ketrampilan sosial
emosional anak mencapai presentase 23% yaitu 3 anak yang berkembang sangat
baik dan siklus II perkembangan ketrampilan sosial emosinal anak meningkat
mencapai 85 % yaitu 11 anak yang berkembang sangat baik . Perkembangan
ketrampilan sosial emosional anak mengalami peningkatan yang signifikan
indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal .Hasil hipotesis yang berbunyi
ketrampilan sosial emosional meningkat melalui permainan tradisional pada anak
TK.B TK.KARANGSARI Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang Tahun
Pelajaran 2022/2023.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
ketrampilan sosial emosional anak meningkat melalui permainan tradisional .
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya anak TK / PAUD diperkenalkan dengan permainan tradisional secara
potimal untuk meningkatkan ketrampilan sosial emosional pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:57
Last Modified: 19 Jan 2024 01:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item
View Item