UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 01 YOSOREJO KECAMATAN PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN

Wibowo, Rismanto Teguh (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 01 YOSOREJO KECAMATAN PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RISMANTO TEGUH WIBOWO 21126003.pdf] Text
RISMANTO TEGUH WIBOWO 21126003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketrampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD masih kurang
optimal sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya ketrampilan membaca
pada siswa. Dalam pembelajaran membaca permulaan, pengetahuan siswa
mengenai huruf belum maksimal sehingga siswa mengalami kendala dalam
menyusun huruf menjadi kata.
Penggunaan metode permainan akan lebih efektif apabila didukung
dengan adanya media sebagai alat bantu pembelajaran. Penggunaan alat bantu
sebagai media pembelajaran diharapkan mampu membantu proses belajar seperti
yang dikemukakan oleh Hamalik (dalam Arsyad, 2006), “bahwa pemakaian
media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat,
membangkitkan motivasi, memberikan rangsangan kegiatan belajar, bahkan
membawa pengaruh psikologis siswa. Media dapat menarik minat belajar dan
konsentrasi anak untuk memahami pelajaran’’.
Berdasarkan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada kondisi awal
atau pra siklus, menunjukkan nilai rata-rata kelas dari 4 siswa adalah 66,25
terdapat 2 siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) 70 dan 2 siswa memperoleh nilai di atas KKM.
Setelah dilaksanakan pembelajaran membaca permulaan dengan metode
kartu bergambar (Flash Card) pada Siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 82,5
dari 4 siswa, terdapat 3 siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) dan 1 siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 95. Kompetensi siswa
terlihat lebih meningkat yaitu pada kegiatan pembelajaran siklus II, nilai rata�rata kelas yang dicapai 90. Dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%.
Nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 100.
Berdasrkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik simpulan
ketrampilan guru dalam pembelajaran meningkat dilihat dari siklus I, Siklus I
nilai rata-rata kelas menjadi 82,5 dari 4 siswa dan dalam siklus II meningkat
menjadi nilai rata-rata kelas yang dicapai 90. Dengan tingkat ketuntasan klasikal
sebesar 100%. Nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 100, Dengan pembelaran
menggunakan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan ketrampilan
membaca pada siswa kelas I SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:55
Last Modified: 19 Jan 2024 01:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item
View Item