PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS III SDN 02 KROMPENG

JANAH, RIZQIATUL (2023) PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS III SDN 02 KROMPENG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZQIATUL JANAH 19120118.pdf] Text
RIZQIATUL JANAH 19120118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konteks penelitian ini yaitu kurangnya literasi siswa sekolah dasar. Alasan
peneliti mengambil judul skripsi ini karena siswa kelas III SDN 02 Krompeng
masih mengalami kesulitan membaca dan menulis. Hal tersebut dikarenakan
metode mengajar guru masih monoton dan hasil ulangan harian yang naik turun.
Sehingga dapat dikatakan bahwa kurangnya literasi pada siswa. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media lagu pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III SD Negeri 02
Krompeng.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu untuk menganalisis
serta mendeskripsikan penggunaan media lagu. Subjek penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas III SDN 02 krompeng. Teknik pengumpulan data dilakukan
menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi.
Sementara untuk metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis penelitian, mendeskripsikan bahwa guru menggunakan media
lagu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti pada pembelajaran di kelas,
guru menggunakan jenis media lagu live music yaitu bermain gitar dan bernyanyi
secara langsung di depan siswa siswanya. Selain itu guru menggunakan media
berupa tulisan lirik lagu yang sudah di print dan ditempel di depan papan tulis, agar
siswa mudah melihat lirik lagu dengan jelas. Respon siswa ketika menggunakan
media lagu tersebut mereka merasa ceria, lebih aktif ketika pembelajaran, dan lebih
mudah memahami materi pembelajaran. Untuk meningkatkan literasi siswa,
dibuktikan dengan adanya pemahaman siswa dalam membaca, memberikan
kesempatan siswa dalam menulis, mengenalkan huruf, mengenal nama-nama
alfabet, dan dapat meningkatkan keterampilan fonologis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah
sebaiknya guru kelas III SDN 02 Krompeng agar terus memperdalam wawasan
serta pengetahuan tentang penggunaan media lagu baik melalui referensi bacaan,
youtube, maupun mengikuti pelatihan agar memperoleh informasi media yang
efektif dalam pembelajaran. Adapun saran kepada penulis agar tidak berpuas diri
sampai disini dan melanjutkan menulis karya ilmiah di lain kesempatan pada
jenjang yang lebih tinggi dan lingkup yang lebih luas serta dapat mengamalkan
ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:56
Last Modified: 19 Jan 2024 01:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item
View Item