PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GUBUG

Cahyaningtyas, Risma (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GUBUG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RISMA CAHYANINGTYAS 19110149.pdf] Text
RISMA CAHYANINGTYAS 19110149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Risma Cahyaningtyas. NPM 19110149. “Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan
Teknik Problem Solving untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 1 Gubug” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. UNIVERSITAS PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
I : Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd., M. Pd. Pembimbing II : Dr. Venty, S. Ag., M. Pd.
2023.
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, artinya
setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu
berkembang didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan
motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gubug. Penelitian yang
digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen.
Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan
hasil pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen mengenai skala motivasi
belajar dapat diketahui pada kelas eksperimen terdapat 10 siswa pada kategori
rendah dengan persentasi 100%. Sementara pada kelas kontrol terdapat 1 siswa
berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 10% dan 9 siswa pada
kategori rendah dengan persentase 90%.
Berdasarkan hasil dari posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol di atas.
Pada kelas eksperimen didapatkan nilai tertinggi sebesar 109 dan nilai terendah
sebesar 86 sementara pada kelas kontrol nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65.
Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata data yang disajikan
pada tabel diatas diketahui pada kolom levene’s test for equality of variance
memiliki nilai signifikan sebesar 0.681 (p> 0.05). Berdasarkan hasil analisis dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Gubug. Dari hasil analisis didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum
dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving yaitu 73.3
dan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving mengalami kenaikan yaitu 92,90.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti mengajukan
beberapa saran, yaitu: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving sangat bermanfaat bagi siswa di sekolah. Sehingga diharapkan pihak
sekolah dapat mengimplementasikan pelaksanaan layanan dengan teknik problem
solving. Guru Bimbingan Konseling dapat mengembangkan inovasi baru
menggunakan teknik problem solving ini. Siswa yang telah mengikuti layanan
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving agar dapat mempertahankan
komitmen yang telah dibuat dan dapat mengaktualisasikan diri secara lebih baik
lagi. Guru bimbingan dan konseling hendaknya mencoba dan menerapkannya
dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving sebagai salah
satu teknik yang dapat menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan menyenangkan.
Bagi peneliti selanjutnya kiranya dapat mengambil sampel yang lebih luas dan
jenjang pendidikan yang bervarian, serta mencari faktor lain yang dimiliki siswa.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:53
Last Modified: 19 Jan 2024 01:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item
View Item