TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD

CISWOYO, CISWOYO (2023) TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of CISWOYO 18670065.pdf] Text
CISWOYO 18670065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sangat di perlukan dalam meningkatkan
mutu pendidikan, dengan memanfaatkan sebuah media pembelajaran merupakan
cara yang paling tepat diterapkan oleh para tenaga pendidik guna menunjang
proses kegiatan belajar mengajar. Salah satunya pada jenjang tingkat sekolah
dasar saat ini materi yang diberikan oleh guru, masih terbatas menggunakan
media konfensional seperti, bentuk gambar dari buku atau alat peraga lainnya
yang kurang efektif, seperti contohnya pada mata pelajaran IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam) mengenai materi pengenalan organ tubuh manusia, belum
menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi yang mampu
menunjang proses pembelajaran. Maka dari itu peneliti ingin melakukan
pembuatan sebuah aplikasi media pembelajaran pengenalan organ tubuh manusia
dengan mengimplementasikan Augmented Reality (AR) berbasis android, yang
bertujuan sebagai media pembelajaran bagi guru yang lebih interaktif. Pembuatan
aplikasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
yang memiliki 6 tahapan yaitu, concept, design, material collecting, assembly,
testing, dan distribution. Serta aplikasi pengenalan organ tubuh manusia ini
berisikan materi pembelajaran, video pembelajaran, objek 3D dan quiz. Supaya
soal quiz lebih menarik maka digunakan algoritma Linear Congruent Method
(LCM) untuk pengacakan soal quiz. Berdasarkan hasil pengujian black box yang
melibatkan 3 responden mendapatkan hasil 94,7%, pengujian white box pada
perhitungan cyclomatic complexity mendapatkan 3 independent path dengan nilai
3 dan mendapatkan presentase 100%, pengujian user acceptance test (UAT) yang
melibatkan 10 responden dengan mendapatkan hasil dari beberapa aspek yaitu,
aspek desain mendapat nilai presentase 84,8%, aspek materi mendapat nilai
presentase 93,6%, dan aspek informasi mendapat nilai presentase 86%. Sehingga
bisa dikategorikan sebagai sangat setuju
Kata kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Organ Tubuh
Manusia, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Linear
Congruent Method (LCM)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:52
Last Modified: 19 Jan 2024 01:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item
View Item