Meiladinitta, Rizka (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING PERMAINAN BOLA VOLI KELAS X 1 DAN X 4 SMAN 8 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Rizka Meiladinitta 18230205.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh survei yang menemukan siswa di SMAN 8
Semarang belum memahami dasar-dasar passing atas dan bawah dalam permainan
bola voli. Selain itu, peneliti ingin menawarkan rencana metode latihan yang
digunakan dalam pembelajaran olahraga bola voli yaitu dengan metode latihan
TGT (Teams Games Tournament) dan Role Playing. Sehubungan dengan hal
tersebut, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan
passing pemain bola voli kelas X 1 dan X 4 di SMAN 8 Semarang.
Desain Pretest-Postest digunakan dalam metode penelitian eksperimental penelitian
ini, tes TGT (Teams Games Tournament) dan Role Playing menggunakan bola voli
dan kun berfungsi sebagai alat penelitian. Ada 2 kelas terdiri dari 36 siswa tiap
kelasnya di SMAN 8 Semarang menjadi partisipan penelitian. Menggunakan
angket atau kuisioner untuk teknik analisis data dengan rumus deskriptif prosentase.
Analisis data mengahasilkan deskriptif prosentase, yang didasarkan pada temuan
penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing
pemain bola voli kelas X 1 dan X 4 di SMAN 8 Semarang. Persentase deskriptif
didapatkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan peningkatan
keterampilan passing atas dan bawah pada bola voli dan ketuntasan klasikal sebesar
70% dengan persentase 80% telah dicapai pada kelas X 1 dan X 4 SMAN 8
Semarang., yang menjelaskan temuan tersebut.
Keyword : TGT (Teams Games Tournament), Role Playing, passing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 01:53 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 01:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1362 |