PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 2 SOBO GROBOGAN

SAPUTRI, RIZKA ALVENIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 2 SOBO GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZKA  ALVENIA SAPUTRI 18120042.pdf] Text
RIZKA ALVENIA SAPUTRI 18120042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya media
pembelajaran yang digunakan pada proes pembelajaran, kurangnya fasilitas yang
tepat untuk mendukung proses pembelajaran agar dapat menunjang hasil belajar
peserta didik di sekolah. Tidak hanya itu, kurangnya antusias peserta didik dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya pada materi Ekosistem, serta
perlunya inovasi media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam
memahami ekosistem tanpa merasakan bosan saat proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses
pengembangan media pembelajaran e-comic untuk pemahaman materi ekosistem
peserta didik sekolah dasar?, 2) Apakah pengembangan media e-comic layak
diterapkan untuk mengembangkan pemahaman materi ekosistem peserta didik
sekolah dasar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1)
Mengetahui proses pengembangan media e-comic untuk pemahaman materi
peserta didik sekolah dasar, 2) Mengetahui kelayakan media e-comic untuk
pemahaman materi ekosistem peserta didik sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (RnD) dengan berdasarkan langkah-langkah penelitian menurut
Borg and Gall. Penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas V SD Negeri 2
Sobo Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan dengan jumlah 23 peserta didik
dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket,
serta dokumentasi. Berdasarkan presentase validasi ahli media I dengan hasil
sebesar 91%, validasi ahli media II dengan hasil sebesar 95%, validasi ahli materi
I dengan hasil sebesar 94,2%, validasi ahli materi II dengan hasil sebesar 93%,
validasi ahli elemen Profil Pelajar Pancasila I mendapatkan presentase sebesar
87,5%, validasi ahli elemen Profil Pelajar Pancasila II dengan hasil sebesar 95%,
analisis presentase respon peserta didik sebesar 89,1%, dan analisis presentase
respon guru kelas V sebesar 87,5%. Media e-comic ini memudahkan peserta didik
dalam pemahaman materi, membuat penyampaian materi lebih terkesan menarik
serta menyenangkan dan membantu pengkondisian kelas pada saat proses
pembelajran berlangsung. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh
Sanjaya (2013: 132) bahwa pembelajaran berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya. Berdasarkan dari
hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic yang
dikembangkan pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan
oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, kemudian media
pembelajaran e-comic layak digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam pada materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam
Ekosistem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:49
Last Modified: 19 Jan 2024 01:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item
View Item