PENGEMBANGAN MEDIA PASITAYA (PAPAN SISTEM TATA SURYA) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

FERANIKA, CICIK (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PASITAYA (PAPAN SISTEM TATA SURYA) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of CICIK FERANIKA 19120336.pdf] Text
CICIK FERANIKA 19120336.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

CICIK FERANIKA. NPM 19120336. “Pengembangan Media PASITYA
(Papan Sistem Tata Surya) Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VI Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang penelitian ini adalah pada mata pelajaran IPA peserta didik SD
Negeri Batur 03 membutuhkan alat bantu untuk memberikan gambaran kepada
mereka, akan tetapi guru kurang inovatif dalam membuat dan menggunakan media
pembelajaran. SD Negeri Batur 03 sendiri mempunyai beberapa media salah
satunya media sistem tata surya akan tetapi media tersebut sudah mulai rusak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan
kelayakan media PASITAYA (papan sistem tata surya) pada mata pelajaran IPA
untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media PASITAYA pada mata
pelajaran IPA untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE terdapat lima tahapan yaitu analysis,
design, development, implementation dan evaluation.
Hasil penelitian ini menghasilkan media kongkrit yang berisikan miniatur
planet-planet yang ada di tata surya. Media ini dapat bergerak berputar sesuai
dengan orbit masing-masing planet dan dapat diamati dari berbagai arah serta
planet-planet yang ada dapat dilepas pasang. Perhitungan validasi dari ahli media
pembelajaran memperoleh persentase sebesar 96% dan hasil validasi dari ahli
materi memperoleh persentase sebesar 81% . Hasil analisis respon guru kelas VI
SD Negeri Batur 03 yaitu sebesar 98,8% kemudian hasil analisis respon peserta
didik kelas VI SD Negeri Batur 03 memperoleh persentase sebesar 99,2% .
Kesimpulan penelitian ini menghasilkan media kongkrit yang berisikan
miniatur planet-planet yang ada di tata surya. Berdasarkan presentase pengolahan
hasil uji validasi dan uji kepraktisan bahwa pengembangan media PASITAYA
dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:39
Last Modified: 19 Jan 2024 01:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item
View Item