PENERAPAN METODE GUESSING GAME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 43 SEMARANG

Yulianti, Risa Dwi Sofya (2023) PENERAPAN METODE GUESSING GAME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 43 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RISA DWI SOFYA YULIANTI 19410105.pdf] Text
RISA DWI SOFYA YULIANTI 19410105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian penerapan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang
kurang paham dalam menulis teks deskripsi dengan baik dan benar. Penerapan
metode Guessing Game akan diterapkan dalam menulis teks deksripsi pada peserta
didik kelas VII SMP Negeri 43 Semarang. Penerapan metode Guessing Game
dalam menulis teks deskripsi diharapkan peserta didik dapat menulis teks deskripsi
dengan baik dan benar sehingga pembelajaran di dalam kelas akan menjadi lebih
menyenangkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah
penerapan metode Guessing Game dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada
peserta didik kelas VII SMP Negeri 43 Semarang. Berkaitan dengan rumusan
masalah tersebut tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode
Guessing Game dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas
VII SMP Negeri 43 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kualitatif deskriptif yang mana teknik pengambilan sampel penelitian ini kelas VII
E melalui cluster random sampling dan populasinya peserta didik kelas VII. Hasil
penelitian menunjukkan respon peserta didik sangat baik dalam penerapan metode
Guessing Game. Hasil nilai rata-rata peserta didik dalam menulis teks deskripsi
adalah 85. Dapat disimpulkan bahwa metode Guessing Game ini dapat diterapkan
dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Penerapan metode Guessing Game ini
sangat disarankan untuk guru dan peneliti lainnya, metode Guessing Game ini
menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan capaian
pembelajaran peserta didik, nantinya peserta didik diajak belajar sambil bermain
sehingga pembelajaran terasa menyenangkan.
Kata kunci: guessing game, pembelajaran, penerapan, teks deskripsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:36
Last Modified: 19 Jan 2024 01:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item
View Item