ASTUTI, RINDA INDRIYA (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELOMPOK A TK PERTIWI BENDOSARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RINDA INDRIYA ASTUTI 20156081.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Rinda Indriya Astuti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis melalui Model Problem Based Learning Kelompok A TK Pertiwi
Bendosari”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Dr.
Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd dan Dwi Prasetiyawati DH, S.Pd, M.Pd, Maret,
2023.
Kemampuan berpikir kritis siswa kelompok A di TK Pertiwi Bendosari
masih rendah karena belum dapat memahami dan menganalisis masalah,
menentukan solusi an membuat kesimpulan dari permasalahan yang diberikan.
Kemampuan berpikir kritis dapat mendorong siswa memunculkan ide atau
pemikiran baru mengenai permasalahan tentang dunia dengan melatih bagaimana
menyeleksi berbagai pendapat untuk membedakan pendapat yang relevan dan
tidak relevan atau pendapat yang sesuai dan tidak sesuai, sehingga siswa mampu
membuat kesimpulan dengan mempertimbangkan data dan fakta yang terjadi di
lapangan. Problem Based Learning digunakan sebagai salah satu model
pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk
belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki dan memecahkan masalah
serta melatih siswa untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan
permasalahannya, dimana dalam pelaksanaannya siswa akan dibawa ke dalam
suatu persoalan dan dituntut untuk ikut aktif dalam mencari penyelesaian
masalah yang dihadapi secara ilmiah dengan menekankan kepada pentingnya
pemahaman struktur, atau ide-ide yang penting terhadap suatu disiplin ilmu.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui
Model Problem Based Learning kelompok A di TK Pertiwi Bendosari. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian
empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus secara berulang yaitu,
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
anak kelompok A TK Pertiwi Bendosari, yang terdiri 4 anak laki-laki dan 3 anak
perempuan. Penelitian ini menggunakan dengan analisis deskriptif yang bersifat
kuantitatif dan dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan adanya
peningkatan pada siklus 1 sebanyak 29% dan pada siklus 2 menjadi 86%. Hal ini
menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa kelompok A TK Pertiwi Bendosari Kecamatan
Sawit Kabupaten Boyolali. Penelitian ini diharapkan mampu melengkapi
penelitian-penelitian mengenai upaya meningkatkan kemampuan berpikir anak
usia dini melalui model Problem Based Learning dan menjadikan masukan
bermanfaat bagi penulis selaku guru, sekolah, orang tua dalam memberikan
pelayanan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik.
Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:06 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1329 |