DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGSRI

Sari, Candra Novita (2023) DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGSRI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of CANDRA NOVITA SARI 19210026.pdf] Text
CANDRA NOVITA SARI 19210026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rata-rata peserta didik saat bermain game
online mereka kerap lupa waktu ketika bermain bahkan saat bermain game online
mereka jika mengalami kekalahan mereka mengeluarkan kata-kata yang tidak
senonoh seperti perkataan kasar yang tidak patut dibicarakan oleh mereka. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak game online terhadap kepribadian
sosial anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Bangsri. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu
peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangsri. Fokus penelitian ini
adalah "Dampak game online terhadap kepribadian sosial anak di Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Bangsri" dengan indikator penelitian yaitu: bentuk-
bentuk game online, beberapa dampak positif dan negatif game online, bentuk-
bentuk kepribadian sosial anak yang disebabkan oleh game online dan strategi
guru/ orang tua wali siswa dalam mengatasi kepribadian sosial anak yang
disebabkan oleh game online. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara triangulasi sumber.
Teknik analisis data penelitian yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa jenis game online yang dapat
mempengaruhi kepribadian sosial anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Bangsri yaitu Free Fire dan Mobile Legend. Kepribadian sosial anak yang di
sebabkan oleh game online adalah Extrovert (mudah mendapatkan teman dan
mudah bergaul) dan Introvert (malu, teman sedikit, dan sering menghabiskan
waktu di rumah), Suka berbicara, Senang berdiskusi dan Berkata kasar dan kotor.
Selain itu untuk mengatasi kepribadian sosial anak negatif (Introvert) dengan cara
mengajaknya untuk interaksi dengan lingkungan sekitar, mengarahkan untuk
mengurangi penggunaan game online, mengajaknya untuk bermain langsung agar
terbiasa berbaur dengan lingkungan sekitar dan mengarahkan untuk terbuka
dengan orang lain.
Kesimpulan
penelitian
ini
bahwa
bermain
game
online
akan
mempengaruhi kepribadian sosial anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Bangsri sehingga saran untuk peserta didik jika berdampak negatif untuk
mengurangi penggunaan game online karena terdapat dampak yang besar jika
digunakan secara berlebihan sedangkan bermain game online tersebut
berdampak positif maka diharapkan siswa harus komprehensif dalam
penggunaan game online tersebut.
Kata Kunci : Game Online, Kepribadian Sosial, Siswa SMA N 1 BANGS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:47
Last Modified: 18 Jan 2024 07:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item
View Item