IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 KOTA SEMARANG

Asyhar, Rifky Latieful (2023) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 29 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIFKY LATIEFUL ASYHAR 19210011.pdf] Text
RIFKY LATIEFUL ASYHAR 19210011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rifky Latieful Asyhar. NPM 19210011. “Implementasi Profil Pelajar
Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 29 Kota Semarang”. Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya suatu kebijakan baru yang
diambil oleh Kemendikbud RI yang tertuang dalam Permendikbud No. 22 Tahun
2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun
2020-2024 terkait Profil Pelajar Pancasila yang dalam praktiknya di lapangan
masih belum sesuai dengan ketentuan yang ada. Rumusan masalah yang diambil
dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam
Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 29 Semarang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Profil Pelajar Pancasila
dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 29 Semarang. Jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dari
penelitian ini adalah “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 29 Semarang” yang dibagi menjadi 4 sub
fokus : 1) Pembentukan karakter peserta didik melalui Profil Pelajar Pancasila, 2)
Tahapan dalam perencanaan pembentukan Profil Pelajar Pancasila, 3) Evaluasi
dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila, 4) Penanaman nilai karakter. Metode
penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, serta penarikan kesimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Profil Pelajar
Pancasila di SMP Negeri 29 Semarang sebagai berikut : 1) Pembentukan Profil
Pelajar Pancasila telah dibentuk melalui tiga kegiatan di sekolah yaitu kegiatan
intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 2) Kegiatan intrakurikuler
dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, dimana termuat tiga komponen yang
mencantumkan penguatan Profil Pelajar Pancasila. 3) Kegiatan kokurikuler,
pembentukannya dapat melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
(P5) dengan cara mengerjakan projek secara bersama dan membuat laporan hasil
kegiatan projek dan setiap akhir tahun akan diadakan panen hasil karya projek P5.
4)
Kegiatan ekstrakurikuler, pembentukan Profil Pelajar Pancasila tidak
dikhususkan dan hanya terintegrasi melalui kegiatan ekstrakurikuler, dalam
pelaksanaan kegiatannya telah mengimplementasikan dimensi-dimensi yang ada
dalam Profil Pelajar Pancasila. Pembentukan Profil Pelajar Pancasila memiliki
hambatan yang terjadi, diantaranya kurangnya atensi dari peserta didik, kurangnya
komunikasi dan kolaborasi sesama stakeholder sekolah yang terlibat. Solusi yang
dapat diambil yaitu dengan meningkatkan komunikasi serta kolaborasi,
melibatkan semua pihak yang terkait.
Kata Kunci : Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Nilai Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:41
Last Modified: 18 Jan 2024 07:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item
View Item