FAKTOR DETERMINAN PENYEBAB KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 PEMALANG

Setiawan, Ridho (2023) FAKTOR DETERMINAN PENYEBAB KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ridho Setiawan 18110007.pdf] Text
Ridho Setiawan 18110007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RIDHO SETIAWAN. NPM 18110007. “Faktor Determinan Penyebab
Kejenuhan Belajar pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Pemalang”. Skripsi. Program
Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya fenomena
peserta didik yang banyak mengalami kejenuhan belajar khususnya pada siswa di
SMAN 3 Pemalang, baik ketika itu pada saat pandemi dan bahkan pada saat
sekarang ini setelah kembali normal pembelajaran tatap muka.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apa faktor
determinan yang menjadi penyebab kejenuhan belajar pada siswa. Tujuan yang
akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor determinan yang
menjadi penyebab kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMAN 3 Pemalang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan
penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Pemalang, Guru BK, Wali Kelas dan
Kepala Sekolah dengan jumlah total 20 Partisipan. Pengambilan data
menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi menghimpun data,
mereduksi, menyajikan (display) dan menarik kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan faktor eksternal dari sekolah merupakan
faktor yang dominan terhadap kejenuhan belajar pada siswa di SMAN 3
Pemalang. Dapat dirincikan menjadi empat poin faktor determinan, yaitu metode
pembelajaran guru yang bersifat monoton tanpa variasi, terlalu lama waktu belajar
atau kurangnya waktu istirahat, adanya tuntutan beban akademis yang berlebihan,
serta lemahnya minat bakat siswa pada mata pelajaran tertentu.
Saran yang dapat peneliti sampaikan, hendaknya guru menerapkan metode
pembelajaran yang bervariasi dan terampil memberikan kegiatan selingan di
dalam kelas, bagi sekolah perlunya meninjau ulang terhadap sistem kebijakan 5
hari sekolah atau full day school, serta bagi guru BK agar tetap aktif melakukan
analisis kebutuhan peserta didik dan berkolaborasi dengan wali kelas atau guru
mata pelajaran.
Kata Kunci : Kejenuhan Belajar, Siswa, Faktor Determinan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:39
Last Modified: 18 Jan 2024 07:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item
View Item