Pangestu, Bayu (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KONFORMITAS NEGATIF SISWA SMP NEGERI 2 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Bayu Pangestu 20116015.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Remaja biasanya memiliki standar norma tertentu yang sesuai dengan
kelompok mereka. Agar tidak dikucilkan, biasanya tiap anggota kelompok berusaha
untuk menjadi konformis, yaitu tidak berbeda dengan orang lain di dalam
kelompoknya. Dorongan demikian tidak hanya datang dari dalam diri sendiri tetapi
juga datang dari luar diri biasanya datang dalam bentuk tekanantekanan kelompok
ataupun tekanan dari anggota kelompok yang lain. Untuk bisa mengikuti norma di
dalam kelompok tidaklah mudah, karena setiap individu memiliki budaya dan
kebiasaan yang berbeda-beda, mau tidak mau individu harus dan akan berusaha
untukbahkan menyimpang, seperti berhubungan seks sebelum menikah, merokok,
minum-minuman keras, mengkonsumsi berbagai jenis obat terlarang, tauran dan
sebagainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru BK dalam
mencegah konformitas negatif siswa SMP Negeri 2 Ungaran Kabupaten Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan
sumber data dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, sedangkan sebagai instrumen adalah peneliti sendiri. Teknik
keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan
model interaktif dengan aktivitas meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah konformitas negatif yang dilakukan siswa SMP
Negeri 2 Ungaran adalah behavioral conformity (konformitas perilaku). Pada aspek
peniruan, mereka meniru perilaku kelompok dengan ikut-ikutan membolos. Pada
aspek penyesuaian, melakukan penyesuaian terhadap kebiasaan kelompok seperti
bermain play sttation pada saat jam pelajaran berlangsung, Pada aspek ketaatan,
beraktifitas dengan mengikuti semua kegiatan kelompok tanpa melakukan protes
meskipun kegiatan tersebut melanggar peraturan sekolah. Peran guru BK dalam
menangani konformitas negatif di SMP Negeri 2 Ungaran dilakukan dengan
menggunakanteknik modeling simbolis terdiri atas 4 tahap yaitu rational treatment,
penayangan film, latihan keterampilan baru, dan evaluasi. Setelah intervensi
diberikan, terjadi perubahan perilaku konseli dari perlaku konformitas negatifke perilaku
konformitas yang lebih positif.
Kata Kunci : Peran Guru BK, Konformitas Negatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:18 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1278 |