PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WULANDARI, RENI ULFIANA (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RENI ULFIANA WULANDARI 19410093.pdf] Text
RENI ULFIANA WULANDARI 19410093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran
keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5
Pati tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.
Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 5 Pati dengan jumlah peserta
didik ada 32 anak. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah teknik tes
dan nontes yang berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Penerapan model ini
terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan
dimulai dari salam, doa, presensi, dan apersepsi. Pada kegiatan apersepsi, peserta
didik sangat aktif dalam mencermati, menganalisis, dan memberikan tanggapan
yang baik. Kegiatan inti, pendidik membentuk peserta didik menjadi beberapa
kelompok. Pendidik dapat mengondisikan kegiatan kelompok sehingga berjalan
dengan lancar dan peserta didik bersemangat dalam mengerjakan tugas dan
presentasi. Kegiatan penutup ini dilaksanakan dengan memberikan simpulan,
refleksi, rencana tindak lanjut, doa, dan salam. Hasil penelitian tersebut
menunjukkan bahwa pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and
Composition dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks
deskripsi. Hal ini didukung oleh nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah
89,5. Selain itu, hasil observasi dan angket menunjukkan bahwa peserta didik
dapat berdiskusi antarsesama peserta didik, aktif, dan sangat berantusias sehingga
pembelajaran di kelas menjadi kondusif. Model tersebut dapat mempermudah
peserta didik mendeskripsikan atau menggambarkan objek dengan cepat. Saran
yang dapat disampaikan adalah pendidik hendaknya menggunakan model
pembelajaran yang sesuai materi pembelajaran sehingga hasil pembelajaran yang
diperoleh maksimal.
Kata Kunci: penerapan, menulis, teks deskripsi, Model CIRC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:06
Last Modified: 18 Jan 2024 07:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item
View Item