Prasetyono, Andy (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEMBANGARUM 1 MRANGGEN. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANDY PRASETYONO 20510006.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kinerja guru dapat dikatakan bermutu bila menghasilkan karya yang baik dan
dapat menghantarkan peserta didik untuk dapat meraih prestasi. Pembinaan dan
pendampingan yang baik yang dilakukan oleh kepala sekolah menjadikan semangat
dan motivasi guru meningkat sehingga kinerja guru mendapatkan hasil yang
maksimal.Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) untuk mendeskripsikan dan
menganalisis perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru,
2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan strategi kepala sekolah
dalam meningkatkan kinerja guru, 3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis
evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar
Negeri Kembangarum 1 Mranggen .
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif.. Teknik pengumpulan
data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
triangulasi teknik. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data,
dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala sekolah memberikan
pembinaan kedisiplinan dan teladan yang dimasukan dalam kegiatan perencanaan
strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepala sekolah
melaksanakan kegiatan seminar dan pelatihan, melakukan kerja sama dengan
lembaga pendidikan lain, mendatangkan para ahli, mengadakan supervisi akademik
dengan rutin, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai yang masuk dalam
kegiatan pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. 3)
Kepala sekolah melakukan evaluasi pada aspek perencanaan dan pelaksanaan
kegiatan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar
Negeri Kembangarum 1 Mranggen.
Simpulan Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru telah
dilakukan melalui pelaksanaan yang sesuai dengan prinsip manajemen yang terdiri
dari tiga kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penulis
menyarankan agar kepala sekolah diharapkan membuat dan menyusun perencanaan,
pelaksanaan serta evaluasi dengan baik.
Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 06:42 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 06:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/126 |