PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV “PERUBAHAN WUJUD ZAT” DI SDN TAMBAKROMO 03

Lestari, Rachma Dinda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV “PERUBAHAN WUJUD ZAT” DI SDN TAMBAKROMO 03. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RACHMA DINDA LESTARI 19120348.pdf] Text
RACHMA DINDA LESTARI 19120348.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RACHMA DINDA LESTARI, NPM 19120348. “Pengembangan Powerpoint
Interaktif dalam pembelajaran IPAS kelas IV “Perubahan Wujud Zat” di SDN
Tambakromo 03”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Skripsi ini peneliti buat karena adanya permasalahan yang ada yakni
belum dikembangkannya media pembelajaran berbasis teknologi yang berbentuk
Powerpoint Interaktif. Hal tersebut dipengaruhi karena kurangnya guru
memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia di dalam Microsoft Office
Powerpoint Interaktif dan guru lebih memilih menggunakan metode ceramah saja
serta jarang dimanfaatkannya media pembelajaran. Dari permasalahan tersebut
kemudian munculah ide untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang
berbasis teknologi yakni Powerpoint menjadi sebuah media yang lebih interaktif.
Peneliti memfokuskan penelitian pada satu materi IPAS kelas IV yakni
“Perubahan Wujud Zat”.
Jenis penelitian Research and Development (R&D) dipilih oleh peneliti
sebagai metode dalam penelitian. Subyeknya adalah guru kelas IV SDN
Tambakromo 03 dan siswa serta Dossen validator ahli media dan materi. Teknik
pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi secara langsung,
angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan
penyajian data, redaksi data, dan yang terakhir adalah mencari kesimpulan dari
hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti.
Hasil setelah dilaksanakannya penelitian mendapatkan penjelasan dari
instrumen penilaian antara dua dosen ahli atau validator ahli materi dan media
menghasilkan data akhir yang sama dan menyatakan “Layak diguakan tanpa
revisi”. Data akhir validasi antara ahli media 1 dan 2 menghasilkan nilai rata-rata
persentase yakni 93,901%. Sedangkan hasil nilai akhir ahli materi 1 dan 2
menghasilkan rata-rata persentase 92,300%. Hasil dari nilai akhir reliabilitas ahli
media 1 dan 2 yakni mendapatkan 99,9%. Sedangkan hasil nilai akhir ahli materi
1 dan 2 yakni mendapatkan 99,7%. Disimpulkan bahwa data atau nilai akhir
sudah reliabel. Setelah itu Langkah selanjutnya adalah melaksanakan tahap uji
coba kepada siswa kelas IV. Uji coba kepada siswa berjalan dengan lancar dan
mendapatkan hasil dari respon siswa yakni media pembelajaran powerpoint
interaktif ini layak untuk digunakan dan dibutuhkan sebagai media pembelajaran
siswa.
Kata Kunci : Powerpoint Interaktif, IPAS Kelas IV, Perubahan Wujud Zat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:47
Last Modified: 18 Jan 2024 06:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item
View Item