Melintika, Putri (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYIMPANG SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 2 WARKUK OKU SELATAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
PUTRI MELINTIKA 21219001.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Putri Melintika. NPM 21219001 “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam Mencegah Prilaku Menyimpang Siswa Sekolah
Menengah Pertama Negri 2 Warkuk Oku Selatan”. 2023.
Penelitian ini dilakukan oleh adanya perilaku menyimpang pada siswa
SMP Negri 2 Warkuk Oku Selatan. Lingkungan sekolah merupakan salah satu
lingkungan yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku siswa yang berdampak
dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Perilaku menyimpang
merupakan perilaku atau tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang
berlaku di masyarakat. Namun untuk mengetahui dan mencegah perilaku
menyimpang yang juga merupakan masalah sosial ini maka terlebih dahulu harus
di telusuri penyebab mengapa seseorang bisa sampai berbuat atau berperilaku
menyimpang, seperti pada area sekolah perilaku menyimpang siswa yang kerap
terjadi pada akhir-akhir ini seperti halnya tawuran, membolos, merokok di area
sekolah dan beberapa tindakan tindakan yang menuju ke arah kriminal lainnya
yang tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan khalayak umum.
Guru PPKn mempunyai peranan untuk mencegah perilaku menyimpang ini
karena tugas Guru bukan hanya menyampaikan materi tapi juga sebagai Guru
yang mendidik karakter siswanya agar terhindar dari prilaku menyimpang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk pendeskripsikan dan menganalisis tentang peran Guru
PPKn dalam mencegah perilaku menyimpang di SMP N 2 Warkuk Oku Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Setting
penelitian berada di SMP N 2 Warkuk Oku Selatan. Fokus Penelitian ialah Peran
Guru PPKn dalam Mencegah Prilaku Menyimpang di SMP N 2 Warkuk Oku
Selatan. Indikator pada penelitian ini yaitu peran Guru PPKn dalam mencegah
prilaku menyimpang, faktor faktor yang menyebabkan prilaku menyimpang, cara
guru PPKn dalam mencegah prilaku menyimpang, Sumber data pada peneitian ini
mengunakan sumber data primer dan skunder. Metode penelitian menggunakan
analisis interaktif yaitu pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi dan data di peroleh dari data responden kemudian data tersebut
diolah untuk menyimpulkan hasil analisis data.
Berdasarkan hasil analisis data pembahasan bentuk perilaku menyimpang
siswa yang paling sering terjadi yaitu terlambat datang ke sekolah dan juga tidak
mengunakan seragam lengkap. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti
faktor lingkungan, keluarga dan diri siswa itu sendiri. Karena banyaknya faktor
yang ada maka dalam hal ini Guru PPKn mempunyai peranan dalam mencegah
prilaku yang menyimpang pada siswa, namun dalam melaksanakan tugasnya
dalam membimbing siswa dan mengarahkan siswa Guru PPKn juga harus
mendapat dukungan dan menjalin kerjasama dengan pihak pihak yang terkait agar
dalam penerapannya bisa lebih optimal. Cara yang digunakan guru PPKn di dalam
penelitian ini mengunakan cara melakukan pendekatan kepada siswa,
menasehati,memotivasi dan selalu memberi himbauan kepada siswa agar tidak
melakukan perilaku yang menyimpang, hambatan yang di alami guru yaitu
merubah kebiasaan dari dalam diri siswa tersebut, dan kurangnya kerjasama
antara pihak sekolah maupun pihak luar sekolah.
Kata Kunci: Prilaku Mentimpang, Siswa SMP, Peran Guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:44 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1255 |