HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

IZATUNISA, NUR (2023) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NUR IZATUNISA 20116019.pdf] Text
NUR IZATUNISA 20116019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nur Izatunisa 20116019. “Hubungan Antara Keterampilan Sosial dengan Penerimaan
Teman Sebaya Pada Peserta Didik kelas X SMA Negeri 8 Kota Serang Tahun Pelajaran
2022 / 2023” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd.,
M.Pd.,Kons. Dosen Pembimbing II Farikha Wahyu Lestari, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini membahas tentang hubungan keterampilan sosial
dengan penerimaan teman sebaya. keterampilan sosial mempunyai makna yang berarti
pada kehidupan peserta didik untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya,
kemampuan ini dibutuhkan untuk membantu berkomunikasi maupun bertingkah laku
sesuai aturan dan norma yang berlaku, serta untuk mengatasi banyakanya permasalahan
hidup sebagai hasil interaksi dengan lingkungan. Fenomena disekolah yang ditemukan
oleh peneliti berkaitan dengan penurunan keterampilan sosial antara lain : peserta didik
yang malu bertanya pada guru terkait pelajaran yang belum dimengerti, malu dan gugup
untuk mengungkapkan pendapat dikelas,menegur sapa sesama teman dan guru
dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah, kurangnya rasa empati terhadap teman
yang sedang membutuhkan bantuan. Keterampilan sosial yang akan mempengaruhi
Perkembangan kehidupan sosial peserta didik yang ditandai dengan gejala meningkatnya
pengaruh teman sebaya, agar dapat diterima oleh teman sebayanya para peserta didik
harus memiliki keterampilan sosial yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi
product moment. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Kota
Serang Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini berjumlah 400 peserta
didik. Teknik yang digunakan Teknik Probability sampling, Teknik pengambilan sampel
yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi
anggota sampel dengan pengambilan anggota sempel dan populasi secara acak atau
random.
Berdasarkan hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa antara keterampilan
sosial dengan penerimaan teman sebaya didapatkan hasil rxy= 0,442 dan p = 0,000 < 0,05
dengan data tersebut menunjukan hubungan yang positif yang signifikan antara
keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya. Dapat dilihat dari tingkat
keterampilan sosial mayoritas berada pada katagori sedang dengan prosentase 95,46 %
dengan frekuensi sebanyak 210 peserta didik dan penerimaan teman sebaya pada katagori
tinggi dengan prosentase sebanyak 64,55 % dengan frekuensi sebanyak 142 peserta didik,
dari hasil data tersebut dapat diindikasikan semakin tinggi keterampilan sosial peserta
didik, maka akan semakin baik pula penerimaan teman sebaya yang didapatkan.
Kata Kunci : Hubungan, Keterampilan Sosial, Penerimaan Teman Sebaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:29
Last Modified: 18 Jan 2024 06:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item
View Item