ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SOAL TIMSS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Habibah, Novalin (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SOAL TIMSS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NOVALIN HABIBAH 19310066.pdf] Text
NOVALIN HABIBAH 19310066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan multi representasi siswa
kelas VIII disalah satu SMP di Kabupaten Semarang provinsi Jawa Tengah yaitu
SMP Negeri 3 Semarang dalam memecahkan masalah TIMSS berdasarkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini diarahkan pada siswa kelas VIII F
SMP Negeri 3 Semarang, penentuan subjek dilakukan berdasarkan tes
kemampuan berpikir kritis siswa, enam siswa dipilih dari 32 siswa kelas VIII F.
Siswa tersebut meliputi 2 siswa berkemampuan kritis tinggi, 2 siswa
berkemampuan kritis sedang dan 2 siswa berkemampuan kritis rendah. Instrumen
dalam menentukan subjek penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis.
Soal TIMSS pada konten aljabar dan pedoman wawancara untuk memunculkan
kemampuan multi representasi siswa. Triangulasi teknik dan sumber untuk
memverifikasi keabsahan data, dimana triangulasi teknik dilakukan dengan
membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang sama dengan
menggunakan metode yang berbeda, sedangkan triangulasi sumber dilakukan
dengan membandingkan subjek yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis
yang sama. Hasil penelitian berdasarkan tes tertulis dan wawancara diperoleh 1)
subjek dengan kategori berpikir kritis tinggi mampu memunculkan ketiga
kemampuan multi representasi, meliputi representasi bentuk gambar, bentuk
simbol dan bentuk verbal. 2) subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis
sedang mampu memunculkan indikator kemampuan representasi gambar dan
simbol, untuk representasi verbal tidak terpenuhi. 3) subjek dengan kategori
berpikir kritis rendah hanya memenuhi indikator representasi gambar.
Kata Kunci: Kemampuan Multi Representasi, TIMSS, Kemampuan berpikir
kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:27
Last Modified: 18 Jan 2024 06:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item
View Item