Nuraeni, Nuraeni (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NURAENI 17150002.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
NURAENI. NPM 17150002 “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan
Kecakapan Hidup Anak usia 5-6 tahun”. Skripsi. Program studi pendidikan guru
pendidikan anak usia dini, Fakultasilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Ir. Anita Chandra, DS, M.Pd. Pembimbing II
EllyaRakhmawati, S.Psi.,S.Pd.,M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong
penelitian ini ialah untuk menyelediki kasus yang terjadi pada kehidupan sekitar
peneliti mengenai peran orang tua, terutama kecakapan hidup anak usia 5-6 tahun
yang harus diwasapadai dan juga diperhatikan oleh setiap orang tua, hal tersebut
termasuk dalam bentuk upaya peran orang tua. Oleh sebab itu peneliti mendalami
kasus tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah peran orang
berjalan murni sepenuhnya atau tidak. Kemudian apakah orang tua era kini
mengerti apa itu kecakapan hidup bagi anak usia dini, apakah anak usia 5-6 tahun
di tk kartika VIII-47 sudah mampu untuk menunjukan kecakapan hidupnya dalam
beraktivitas sehari-sehari. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk memperoleh
gambaran tentang peran orang tua dalam menbembangkan kecakapan hidup anak
usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus
dengan metode kualitatif deskriptif. ditujukan untuk mempelajari kasus-kasus
mengenai peran orang tua dalam mengembangkan kecakapan hidup anak usia
dini, seperti fokus pada bagaimana, seperti apa, dan pemberian solusi. Hasil
penelitian yang diperoleh oleh peneliti berupa temuan-temuan fakta dilapangan,
antara lain yaitu, peran orang tua, keterlibatan guru, upaya orang tua dalam
melakukan optimalisasi anak yang dimanjakan dan orang tua yang belum
sepenuhnya paham dengan konsep kecapan hidup anak usia dini, selanjutnya
ditemukan juga bahwa masih terdapat orang tua yang lebih memilih untuk
menyerahkan tanggung jawab peran orang tua dalam membentuk dan
mengembangkan kecakapan hidup anak kepada pihak sekolah dan guru. Dari hasil
temuan yang peneliti temukan dapat me ngakitbatkan hambatan berjalannya peran
orang tua. Di sisi lain orang tua memegang penuh peran yang sangat penting
dalam mengembangkan kecakapan hidup anak. Berdasarkan hasil penelitian ini
maka saran yang dapat peneliti berikan adalah, orang tua dianggap sebagai
lingkungan yang dekat anak seharusnya mampu mendedikasikan diri sebagai role
model yang baik bagi anak, kemudian perlu diperhatikan bagi orang tua yang
masih memanjakan anak, sebaiknya mulai membiasakan anak untuk lebih bisa
bekerja atas inisiatifnya sendiri.tidak terlalu memberikan batasan dan lebih
mempercayai anak akan membuat anak merasa percaya diri untuk melakukan
apapun
Kata Kunci : Prang tua, Anak Usia Dini, kecakapan hidup.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:24 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1235 |