PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BERMAIN PERAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGTEMPEL KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Khafifah, Nur'aini (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BERMAIN PERAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGTEMPEL KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NUR’AINI KHAFIFAH 19120344.pdf] Text
NUR’AINI KHAFIFAH 19120344.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nur’aini Khafifah. NPM.19120344, Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair
Share Terhadap Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Peran Bahasa Indonesia
Pada Siswa Kelas IV SDN Karangtempel Kota Semarang Tahun Ajaran
2022/2023, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini di latarbelakangi dari adanya permasalahan peserta didik kels
IV SDN Karangtempel yang belum mampu menunjukkan keterampilan berbicara
dengan baik. Kurangnya minat belajar siswa yang mengikuti pembelajaran di
kelas. Di samping itu peserta didik kurang percaya diri ketika berada di depan
kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share terhadap keterampilan berbicara siswa dalam
bermain peran bahasa Indonesia pad a siswa kelas IV SDN Karangtempel kota
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif eksperimen, dengan Design One
Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas IV SDN Karangtempel berjumlah 18 siswa, Uji
persyaratan data menggunakan uji normalitas dan teknik analisis data
menggunakan paired sample t test dengan taraf signifikan 0,05,
Berdasarkan hasil penelitian hasil uji t diatas menunjukkan bahwa rata-rata
pretest adalah 75 dan rata-rata nilai posttest adalah 90,8. Uji paired correlation
menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,024 dimana nilai sig > lebih besar
dari 0,00, hal ini berarti antara pretest dan posttest memiliki hubungan atau ada
hubungan yang signifikan.
Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share terhadap keterampilan berbicara dalam bermain
peran pada siswa kelas IV SDN Karangtempel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:58
Last Modified: 18 Jan 2024 04:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item
View Item