PENGEMBANGAN MEDIA PETITUNG (PETI BERHITUNG) UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SDN 1 TEGALSAMBI JEPARA

Arfiyane, Azizah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PETITUNG (PETI BERHITUNG) UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SDN 1 TEGALSAMBI JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AZIZAH ARFIYANE 14120469.pdf] Text
AZIZAH ARFIYANE 14120469.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Belajar merupakan suatu proses perkembangan hidup manusia dengan
melakukan perubahan kualitatif sehingga tingkah lakunya berubah, karena itu belajar
melibatkan tindakan integratif demi mencapai tujuan. Tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan penggunaan media
pembelajaran Petitung (Peti Berhitung) untuk siswa kelas 1 SDN 1 Tegalsambi
Jepara.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau
research and development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk
menghasilkan suatu produk tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
pemberian kuesioner kepada siswa kelas 1 SDN 1 Tegalsambi Jepara sebanyak 19
siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah berdasar validasi dari ahli media
dan ahli materi, hasil validasi ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat layak
digunakan dan hasil validasi ahli media sebesar 98% dengan kategori media peti
berhitung sangat layak, sehingga hasil validasi yang diperoleh adalah media peti
berhitung sangat layak digunakan dan tanpa revisi. Selanjutnya adalah hasil uji skala
kecil dan uji skala besar oleh siswa kelas 1 SDN 1 Tegalsambi Jepara. Hasil uji skala
kecil sebesar 80 % dengan kategori layak, sedangkan hasil uji skala besar sebesar
86% dengan kategori sangat layak, sehingga mendapatkan hasil bahwa siswa
menerima dengan baik adanya inovasi yang dilakukan yaitu penggunaan media peti
berhitung, karena dengan adanya media peti berhitung siswa kelas 1 SDN Tegalsambi
Jepara dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih faham, serta merasa senang menggunakan media peti berhitung pada saat pembelajaran matematika karena media
yang menarik dan mempunyai kegunaan yang efektif dan efisien.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu media peti
berhitung layak digunakan serta membuat siswa lebih faham, bersemangat dan
merasa senang saat pembelajaran matematika. Adapun saran dari penelitian ini adalah
guru diharapkan mampu menyempurnakan media peti berhitung sebagai media
pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan kebutuhan siswa
Kata Kunci: pengembangan, peti berhitung, matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:54
Last Modified: 18 Jan 2024 04:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item
View Item