KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TRENGGULI 3 DEMAK

SETIYANINGSIH, LINDA (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TRENGGULI 3 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LINDA SETIYANINGSIH 19120057.pdf] Text
LINDA SETIYANINGSIH 19120057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah salah satu faktor yang
menyebabkan rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya media pembelajaran untuk
menunjang pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sehingga siswa
merasa bosan saat pembelajaran dan sulit memahami materi. Berdasarkan
masalah-masalah yang telah di jelaskan sebelumnya sehingga akan menggunakan
media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality agar dapat
mempermudah guru dalam menyampaikan materi bangun ruang untuk mencapai
suatu tujuan yang akan dicapai.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran
interaktif berbasis augmented reality efektif terhadap materi bangun ruang kelas V
dan apakah media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dapat
meningkatkan hasil belajar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk untuk mengetahui bagaimana keefektifan media pembelajaran
interaktif berbasis augmented reality pada materi bangun ruang terhadap hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah
kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak. Sampel yang diambil adalah 31 siswa
kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak. Metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara,tes, dan dokumentasi.
Hasil analisis dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh bahwa whitung
< wkritis yaitu 3.5 < 163 dengan taraf 5%, yang membuat Ha diterima, H0 ditolak.
Peningkatan rata-rata hasil posttest sebesar 78,7. Hal ini dibuktikan dengan nilai
siswa yang mencapai KKM 70 sebanyak 28 siswa tuntas dengan nilai tertinggi
100. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan
sesudah menggunakan media pembelajaran interkatif augmented reality pada
materi bangun ruang. Dengan uji N-Gain sebesar 57.15% maka media interaktif
berbasis augmented reality cukup efektif digunakan pada materi bangun ruang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang dapat
mempermudah siswa dalam memahami materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:52
Last Modified: 18 Jan 2024 04:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item
View Item