PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DAN GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTOR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS XI SMK ANNURONIAH

Syaifuddin, Nur and UNSPECIFIED (2023) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DAN GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTOR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS XI SMK ANNURONIAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NUR SYAIFUDDIN 17230121.pdf] Text
NUR SYAIFUDDIN 17230121.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nur Syaifuddin. ”Pengaruh penggunaan video animasi dan gambar ilustrasi
terhadap keterampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI
SMK Annuroniyah Kabupaten Rembang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Kemampuan psikomotor lompat jauh gaya jongkok siswa sebagian besar
belum lolos pada penilaian keterampilan di SMK Annuroniyah. Beberapa
penelitian terdahulu menunjukan media pembelajaran interaktif mampu
meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan video animasi dan gambar ilustrasi terhadap keterampilan psikomotor
lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMK Annuroniyah.
Penelitian ini menggunakan rancangan two group pretest and posttest
design dengan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling.
Penelitian ini dilakukan di lapangan olahraga SMK Annuroniyah Kabupaten
Rembang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
dokumentasi dan tes penilaian keterampilan psikomotor dalam pembelajaran
lompat jauh gaya jongkok yang divalidasi oleh guru PJOK tersertifikasi. Analisa
data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan menunjukan rata-rata skor
lompat jauh gaya jongkok sebesar 6,21 dan nilai standar deviasi sebesar 1,446.
Sedangkan hasil penelitian setelah diberikan perlakuan menunjukan rata-rata skor
lompat jauh gaya jongkok sebesar 11,6 dan nilai standar deviasi sebesar 1,787.
Hasil uji t test hasil tes keterampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok pada
siswa kelas XI SMK Annuroniyah menunjukan t hitung kelompok pemberian
pembelajaran melalui media gambar ilustrasi sebesar 10,726 lebih dari t tabel
sebesar 2,059 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. kelompok pemberian
pembelajaran melalui media media video animasi sebesar 13,266 lebih dari t tabel
sebesar 2,059 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan video
animasi dan gambar ilustrasi terhadap keterampilan psikomotor lompat jauh gaya
jongkok. Penggunaan video animasi lebih berpengaruh terhadap keterampilan
psikomotor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMK Annuroniyah
Kabupaten Rembang. Bagi guru agar dapat memberikan bentuk variasi
pembelajaran agar siswa berantusias untuk mengikuti pembelajaran pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah.
Kata Kunci : Video Animasi, Gambar Ilustrasi, Lompat Jauh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:52
Last Modified: 18 Jan 2024 04:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item
View Item