ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PEMBAGIAN UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR

MARIANA, NIKE (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PEMBAGIAN UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NIKE MARIANA 16120097.pdf] Text
NIKE MARIANA 16120097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NIKE MARIANA, NPM 16120097 “ Analisis Kesulitan Belajar Siswa
pada Operasi Hitung Pembagian Kelas III Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2023.
Fokus penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal matematika
pada materi operasi hitung pembagian. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
mengidentifikasikan kesulitan belajar siswa dalam operasi hitung pembagian,(2)
untuk menganalisis faktor yang menyebabkan kesulitan belajar operasi hitung
pembagian.
Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif, dengan metode fenomenologi.
Sumber data yaitu siswa kelas III sebanyak 18 orang dan guru kelas III SD Negeri
Majalangu. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan
wawancara. Teknik analisi data pada penelitian ini yang digunakan meliputi
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang
digunakan berupa triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) kesulitan belajar operasi hitung
pembagian pada kelas III SD Negeri 1 Majalangu meliputi: (a) kesulitan
memahami konsep, (b) kesulitan dalam ketrampilan berhitung, (c) kasulitan
memecahkan masalah. (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika
materi operasi hitung pembagian yaitu (a) faktor internal seperti aspek kognitif,
aspek psikomotorik, dan aspek afektif. (b) faktor eksternalnya seperti lingkungan
keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah.
Saran dalam penelitian ini kepada siswa yaitu, (1) siswa sebelum
berangkat sekolah mempersiapan diri terlebih dahulu dengan cara tidur yang
cukup agar saat pembelajaran tidak mengantuk, (2) siswa diharapkan sarapan
terlebih dahulu karena dapat menganggu konsentrasi belajar siswa. Saran yang
disampaikan kepada guru yaitu, (1) alangkah baiknya guru menciptakan suasana
belajar yang kondusif dan senyaman mungkin dengan metode belajar yang tepat
dan menata ruang kelas untuk meciptakan lingkungan pembelajaran yang baik dan
tepat, (2) berkomunikasi dengan siswa dengan menanyakan materi yang
disampaikan agar terciptanya pembelajaran aktif, (3) guru memberikan fasilitas
bagi siswa lebih dari 1 cara untuk penyelesaian operasi hitung lembagian, (4)
menjadi guru yang menyenangkan membiarkan siswa berkreasi dan menyepakati
aturan bersama antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:50
Last Modified: 18 Jan 2024 04:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item
View Item