PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B DI RA AISYIYAH KEPUK

SARI, NIA AMARA AMBAR (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B DI RA AISYIYAH KEPUK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NIA AMARA AMBAR SARI 19150041.pdf] Text
NIA AMARA AMBAR SARI 19150041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

NIA AMARA AMBAR SARI. NPM 19150041. “Pengaruh Media Pop Up
Book Terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B di RA Aisyiyah
Kepuk”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Mila Karmila, S.Pd., M.Pd. Dan Dosen Pembimbing II Ismatul Khasanah, S.Pd.I.,
MPd.
Banyak dijumpai anak pada usia 5-6 tahun pada proses pembelajaran yang
kesulitan dalam mengomunikasikan perasaan yang dirasakan setelah melakukan
kegiatan, mengajukan pertanyaan, dan dalam menjawab pertanyaan mereka
cenderung diam. banyak juga ditemukan anak-anak yang masih belum bisa
berkomunikasi dengan baik dimana dalam menyampaikan keinginannya kepada
guru masih gugup dan terbata-bata. Sikap – sikap tersebut merupakan ciri – ciri
rendahnya kecerdasan verbal linguistik pada anak dan salah satu faktor
penyebabnya adalah kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan
dalam meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada anak. Salah satu media
yang dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak adalah media pop up
book.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh media
pop up book terhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di RA
Aisyiyah Kepuk. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah media pop up book berpengaruh terhadap kecerdasan verbal
linguistik anak kelompok B di RA Aisyiyah Kepuk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi
Experimental Design dengan desain penelitian Noon Ekuivalen, Pretest – Posttest
Design. Populasi penelitian adalah Kelompok B RA Aisyiyah Kepuk. Sampel
yang diambil adalah acak dari kelompok B RA Aisyiyah Kepuk yang berjumlah
24 anak kemudian dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunakan teknik
simpel random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lebih besar dari
ttabel (-9,93954 > -1,71714). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan media pop up book
terhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di RA Aisyiyah Kepuk.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media pop
up book dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan
kecerdasan verbal linguistik anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:48
Last Modified: 18 Jan 2024 04:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item
View Item