PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT BUNYI KELAS IV SDN 01 KEDUNGREJO KECAMATAN PURWODADI

MUKHASANAH, AYU SITI (2023) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT BUNYI KELAS IV SDN 01 KEDUNGREJO KECAMATAN PURWODADI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AYU SITI MUKHASANAH 16120198.pdf] Text
AYU SITI MUKHASANAH 16120198.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi sifat-sifat bunyi.
Penelitian ini diakukan di SDN 01 Kedungrejo Kecamatan Purwodadi.
Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN 01 Kedungrejo yaitu Ibu
Susilowati, S.Pd.SD Permasalahan yang muncul dalam SDN 01 Kedungrejo guru
belum menggunakan media animasi dalam proses pembelajaran. Sehingga peneliti
mencoba menggunakan media animasi dengan harapan ada perubahan dalam hasil
belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media
animasi terhadap hasil belajar IPA materi sifat-sifat bunyi kelas IV SDN 01
Kedungrejo Kecamatan Purwodadi sebelum dan sesudah menggunakan media
animasi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunakan media
animasi materi sifat-sifat bunyi kelas IV SDN 01 Kedungrejo Kecamatan
Purwodadi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengguakan Pre Experimental
Design adalah One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian yang
diambil adalah seluruh siswa SDN 01 Kedungrejo Kecamatan Purwodadi tahun
pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas IV. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01
Kedungrejo Kecamatan Purwodadi semester II tahun ajaran 2020/2021. Hal ini
dapat dibuktikan melalui uji t dimana thitung>ttabel atau 5,455>1,714 maka dalam
penelitian ini Ha diterima H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh media animasi
terhadap hasil belajar IPA materi sifat-sifat bunyi kelas IV SDN 01 Kedungrejo
Kecamatan Purwodadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:47
Last Modified: 18 Jan 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item
View Item