UPAYA MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENGEMBANGAN ESQ ( EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIONT ) pada KELOMPOK B di TK DHARMA WANITA KENTENG II TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LESTARI, NANDA AYU (2023) UPAYA MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENGEMBANGAN ESQ ( EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIONT ) pada KELOMPOK B di TK DHARMA WANITA KENTENG II TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NANDA AYU LESTARI 19156155.pdf] Text
NANDA AYU LESTARI 19156155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nanda Ayu Lestari, NPM 19156155 “Upaya Meningkatkan Sosial Emosional
Anak Usia Dini Melalui Pengembangan ESQ ( EMOTIONAL SPIRITUAL
QUOTIONT ) pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Kenteng II ”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang 2023. Latar belakang yang
mendorong penelitian ini adalah mengenai kemampuan sosial emosional yaitu
terdapat permasalahan dari aspek perkembangan sosial emosional pada anak,
yaitu anak belum mampu menghargai sesama teman ketika bermain dan belum
mampu bersosialisasi dengan baik. Hal tersebut disebabkan kurangnya rasa sosial
dalam diri anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan
bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia
4 – 6 Tahun. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 4- 6 Tahun melalui metode
bermain yang mengedepankan keantrian dan kesabaran pada anak di TK Dharma
Wanita Kenteng II Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian
adalah kelompok B di TK Dharma Wanita Kenteng II. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester Genap selama 2 minggu, minggu pertama yang dimulai dari
tanggal 10 April 2023 sampai 12 April 2023, sedangkan minggu kedua dimulai
dari tanggal 04 Mei 2023 sampai 06 Mei 2023. Subyek penelitian adalah anak
kelompok bermain yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan
8 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas
yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat
perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan sosial emosional dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain
dan memberikan audio visual kepada anak. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan sosial emosional dalam
setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan
terdapat 5 anak atau 28% yang mempunyai kemampuan sosial emosional dengan
penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 14 anak atau 78% yang dapat menirukan
kegiatan bermain dan mendengarkan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan sosial emosional
kelompok bermain kelas B TK Dharma Wanita Kenteng II Tahun Pelajaran
2022/2023 dapat ditingkatkan melalui metode bermain dan audio visual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:46
Last Modified: 18 Jan 2024 04:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item
View Item