Mardiyah, Naili (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATH) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Naili Mardiyah 19330008.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
discovery learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar fisika
pada siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
MIPA SMA Kesatrian 2 Semarang. Dengandesain penelitian one grup
pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik simple
random sampling dipilih kelas XI MIPA 2. Data yang digunakan evaluasi
berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan Uji t berpasangan
(Paired Sample T-Test) dan Uji N Gain. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil belajar fisika meningkat setelah diberikan perlakuan
menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan
STEM. Dengan hasil Uji t berpasangan yaitu 0,00 < 0,05 maka dapat
dinyatakan bahwa Ha diterima. Hasil analisa uji N Gain mendapatkan hasil
0,7381. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan
model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan STEM
mencapai efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, Discovery Learning, STEM, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:43 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1218 |