UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN UNPLUGGED CODING DI TK SHAFA MARWAH SERANG-BANTEN

MUTOHAROH, MUTOHAROH (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN UNPLUGGED CODING DI TK SHAFA MARWAH SERANG-BANTEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mutoharoh 21156116.pdf] Text
Mutoharoh 21156116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mutoharoh21156116. “Upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis
melalui kegiatan Unplugged Coding anak usia 5-6 tahun di TK Shafa Marwah
Serang-Banten tahun pelajaran 2022/2023.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan berpikir logis
matematis anak didik di TK Shafa Marwah. Hal ini ditunjukan dengan rendahnya
rasa ingin tahu, tidak mencerminkan sikap kreatif, mengenal benda dan lingkungan
sekitar, konsep menghubungkan serta kemampuan anak dalam memiliki pola
berpikir dengan penalaran hubungan sebab-akibat yang belum optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis
matematis anak usia 5-6 tahun di TK Shafa Marwah melalui kegiatan Unplugged
Coding.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa
perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di
Semester II pada bulan Februari-Maret 2023.
Subjek penelitian ini adalah anak didik TK Shafa Marwah tahun pelajaran 2022/2023
sebanyak 10 anak. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2)
tindakan, (3) observasi, (4) refleksi dari hasil observasi. Setiap siklus dilaksanakan
tiga kali pertemuan.
Dari hasil akhir dengan menggunakan kegiatan Unplugged Coding dengan dua
siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan berpikir logis matematis anak
diantara anak didik mencapai 20 % pada siklus pertama dan 80 % pada siklus kedua
indikator kinerja tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi Kegiatan Unplugged Coding
dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis pada anak usia 5-6 tahun
di TK Shafa Marwah Serang-Banten tahun pelajaran 2022/20203 dan berdasarkan
hasil akhir tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Oleh
karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis
matematis pada anak didik di TK Shafa Marwah dapat ditingkatkan melalui kegiatan
Unplugged Coding. Maka dari itu guru perlu menyusun kegiatan main unpluuged
coding yang beragam agar stimulasi aspek perkembangan kognitif anak yakni
berpikir logis matematis dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:38
Last Modified: 18 Jan 2024 04:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item
View Item