ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI TINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SEKOLAH DASAR

MUSTO’INAH, MUSTO’INAH (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI TINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUSTO’INAH 16120037.pdf] Text
MUSTO’INAH 16120037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MUSTO'INAH, NPM 16120037 “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemahaman
Konsep Matematika Di Tinjau Dari Perbedaan Gender Di Sekolah Dasar”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Fokus penelitian ini membahas kesulitan siswa pemahaman konsep yang
ditinjau dalam perbedaan gender di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah (1)
untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki siswa dalam
menyelesaikan soal matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan. (2)
untuk mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika pada materi sifat operasi
hitung bilangan,(3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep
pada siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika pada
materi sifat operasi hitung bilangan.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber
data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SDN 1 Mlilir. Prosedur
pengumpulan dataini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal tes
7 indikator pemahaman konsep materi sifat operasi hitung bilangan. (2)
penyebabkan kesulitan siswa pada sifat operasi hitung bilangan yaitu faktor
internal dan faktor, (3) siswa perempuan memiliki kemampuan pemahaman
konsep lebih unggul dari laki-laki.
Saran dari penelitian kepada guru yaitu lebih memperhatikan terhadap
permasalahan yang dihadapi siswa, baik faktor internal maupun faktor ekternal,
dan untuk menghindari kebosanan dan meningkatkan motivasi belajar, khususnya
pada pelajaran matematika, disaranakan untuk melakukan inovasi dan lebih
kreatif pada saat memberikan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:33
Last Modified: 18 Jan 2024 04:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item
View Item