UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PASCA PANDEMI KELOMPOK A TK PGRI 81 TAHUN 2022/2023

Hayati, Nora Ines (2023) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PASCA PANDEMI KELOMPOK A TK PGRI 81 TAHUN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nora Ines H. 20156053.pdf] Text
Nora Ines H. 20156053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

NORA INES HAYATI, NPM 20156053 . “Upaya Meningkatkan Perilaku
Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media
Boneka Tangan Kelompok A TK PGRI 81 Tahun 2022/2023”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang UPGRIS Semarang 2023.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat anak dalam perilaku
hidup bersih dan sehat di TK PGRI 81 Semarang, dimana anak tidak terbiasa
melakukan kegiatan hidup bersih dan sehat. Hal ini dipengaruhi oleh anak yang
kurang mengerti perilaku hidup bersih dan sehat dalam melakukan gosok gigi,
cuci tangan, makan sehat, olahraga, dan membuang sampah pada tempatnya
dengan kesadaran sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku
hidup bersih dan sehat anak usia dini kelompok TK A TK PGRI 81 Semarang
Tahun 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK), yang dilakukan secara kolaboratif antar peneliti melalui dua
siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik di kelompok A TK PGRI 81
Semarang Tahun 2022/2023 yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data
dengan cara wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data
menggunakan tehnik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pendidikan
perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak kelompok A di TK PGRI 81
Semarang, setelah dilakukan tindakan kelas melalui dua siklus. Peningkatan
perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak terjadi pada setiap pertemuan mulai
dari siklus I sampai dengan siklus II. Pada penelitian pra siklus, pendidikan
perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak yang berkembang baik sebanyak
30% pada siklus I meningkat menjadi 30% dan pada siklus II meningkat lagi
menjadi 80%, sehingga telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu rata-rata baik
minimal 76%.
Disimpulkan bahwa meningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)
anak kelompok A di TK PGRI 81 Semarang. Adapun saran yang dapat diberikan
adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan kegiatan
pembelajaran untuk meningkatkan pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat
(PHBS) anak, demikian pula orang tua hendaknya selalu berperan aktif dalam
membentuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak di lingkungan keluarga,
mengingat pendidikan anak diawali oleh keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:30
Last Modified: 18 Jan 2024 04:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item
View Item