KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI JATINGALEH 01 SEMARANG

MASLIHATUN, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI JATINGALEH 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rahma MASLIHATUN 16120487.pdf] Text
Rahma MASLIHATUN 16120487.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MASLIHATUN. NPM 16120487. “Keefektifan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 1
Subtema 1 Kelas III SD Negeri Jatingaleh 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar peserta didik kelas III SD Negeri Jatingaleh 01 Semarang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
problem based learning efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SD
Negeri Jatingaleh 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektif atau tidaknya model pembelajaran problem based learning terhadap hasil
belajar peserta didik kelas III SD Negeri Jatingaleh 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode
eksperimen dengan desain penelitian One – Group Pretest – Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A dan III B SD Negeri
Jatingaleh 01 Semarang. Sampel yang diambil adalah 57 peserta didik dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, tes dan dokumentasi
Dari nilai pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah 50,08
sedangkan nilai posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata 76,28, serta
berdasarkan analisis uji t didapat t hitung (5,510)  t tabel (2,063) jadi H 0 diterima yang
artinya hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Jatingaleh 01 Semarang
mencapai Ketuntasan Belajar Minimal yaitu 60.
Kesimpulannya bahwa model pembelajaran problem based learning
efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri
Jatingaleh 01 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka
peneliti menyampaikan saran agar model pembelajaran problem based learning
dapat dijadikan alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:03
Last Modified: 03 Jan 2024 03:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item
View Item